Text
KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSPEKTIF QURAISH SHIHAB (TELAH TAFSIR AL-MISBAH SURAH ALI-IMRAN AYAT 159 DAN AN-NISA' AYAT 58)
Kata kunci: kepemimpinan pendidikan, quraish shihab, surah ali-Imran ayat 159 dan an-Nisā’ ayat 58.
Termasuk dalam ruang lingkup kajian pendidikan Islam adalah kepemimpinan, dengan arus globalisasi yang berkembang saat ini maka diperlukan perhatian besar terhadap stabilitas lembaga pendidikan Islam utamanya peran manajemen dan kepemimpinan sebagai pondasi dalam membangun lembaga-lembaga pendidikan Islam yang berkualitas. Salah satu surah yang di dalamnya mengandung konsep kepemimpinan adalah surah āli-Imran ayat 159 an-Nisā’ ayat 58.
Adapun masalah yang hendak diangkat dalam penelitian ini adalah: Bagaimana nilai-nilai kepemimpinan pendidikan Islam dalam perspektif Quraish Shihab (telaah tafsir al-Mishbah surah āli-Imran ayat 159 dan an-Nisā’ ayat 58)? Apa saja prinsip-prinsip kepemimpinan pendidikan Islam dalam perspektif Quraish Shihab (telaah tafsir al-Mishbah surah āli-Imran ayat 159 dan an-Nisā’ayat 58)? Bagaimana relevansi kepemimpinan pendidikan Islam dalam perspektif Quraish Shihab (telaah tafsir al-Mishbah surah āli-Imran ayat 159 dan an-Nisā’ ayat 58) dengan kepemimpinan masa kini?
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis studi pustaka (library research). Untuk mengumpulkan data menggunakan teknik “dokumentasi”. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah Kitab Tafsir al-Mishbah yang di dukung dengan sumber data sekunder. Selanjutnya, setelah data terkumpul, dilanjutkan dengan menganalisa data dengan metode analisis isi content analysis, yaitu menseleksi teks yang akan diselidiki, menyusun item-item yang spesifik, melaksanakan penelitian, dan mengetengahkan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Nilai-nilai kepemimpinan pendidikan yaitu anjuran untuk melakukan musyawarah, Pada ayat ini disebutkan tiga sikap kepemimpinan secara berurutan, Pertama adalah bersikap lemah lembut, kedua memberi maaf dan membuka lembaran baru, ketiga tawakkal. Prinsip kepemimpinan pendidikan Islam; prinsip musyawarah, prinsip keteladanan, prinsip amanah, dan prinsip keadilan. Relevansi kepemimpinan pendidikan Islam dalam perspektif Quraish Shihab (telaah tafsir al-Mishbah surah āli-Imran ayat 159 dan an-Nisā’ ayat 58) dengan kepemimpinan masa kini; yaitu mengandung pendidikan moral dan pendidikan anti korupsi.
Tidak tersedia versi lain