Text
STRATEGI PUBLIC RRELATION PLTD DALAM MENGUBAH CITRA BAIK TERHADAP MASYARAKAT KEPULAUAN MASALEMBU KABUPATEN PAMEKASAN
ta kunci: strategi public relations, citra, penghambat
PLTD merupakan salah satu bantuan Daerah I Jawa Timur yang berupa
instansi pembangikit listrik tenaga diesel yang dapat memenuhi kebutuhan rumah
tangga dengan menggunakan bahan bakar solar yang keberadaannya didesa
masalima, kacamatan masalembu, kabupaten sumenep. Menyalurkan listrik
kepada pelanggan tidak terlepas dari persepsi buruk seperti rusaknya citra PLTD
Masalembu seperti mati lampu secara tiba-tiba, lampu hidup secara bergiliran,
tarif mahal dan pelayanan yang kurang baik, akan tetapi meskipun citra PLTD
rusak pelanggan masih menggunakan jasa saluran listriknya bahkan pelanggan
PLTD Masalembu bertambah pada saat menambah program baru.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi pokok
dalam penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana strategi public relations PLTD
dalam mengubah citra terhadap masyarakat; kedua, factor-faktor apa saja yang
menjadi penghambat dalam mengubah citra PLTD terhadap masyarakat.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif
yaitu dengan melakukan penelitian langsung ke lapangan, melakukan observasi
secara mendalam serta menggambarkan dan menyajikan fakta yang ada
dilapangan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: pertama, strategi public relations
sebagaimana sesuatu yang terencana untuk mencapai tujuan dalam menggunakan
pendekatan komunikasi dengan publiknya, usahanya yang menjalin hubungan
positif dengan publiknya seperti menginformasikan, menerangkan, menyarankan,
dan meyakinkan dalam pendekatan komunikasinya untuk mengubah atau
mempertahankan citra terhadap pelanggan. Sebab citra merupakan opini individu
bisa menjadi consensus sehingga menjadi opini public dalam menunjang reputasi
perusahaan.
Selanjutnya, inovasi dan kebijakan PLTD terhadap kinerjanya memilki
keterbatasan jaringan pada saat menginformasikan kepada pelanggan
menggunakan microfon juga menggunakan media publikasi seperti koran Madura,
detik news dalam menginformasikan kepada pelanggan yang berada diluar
kepulauan masalembu. Selain itu meningkatkan pemeliharan staf sesuai
bidangnya, tidak memungut biaya abonemen pada saat lampu mati selama 1 bulan
lamanya dan juga menambah program baru dengan menggunakan Non-KWH
tanpa membayar uang abonemen maka jasa kelistrikan PLTD tetap dipakai
sampai saat ini.
Kedua, penghambat merupakan kejadian dalam proses komunikasi dalam
menjalankan strategi yang teencana dan hal tersebut terjadi pada public relations
dalam mengubah citranya. Dengan cuaca yang buruk akan menjadi dampak besar
dalam transportasi kapal laut baik itu dalam pengiriman BBM atau pemesananperalatan mesin yang mengalami kerusakan, keterbatasan jaringan dalam media
komunikasi untuk menginformasikan saat kejadian berlangsung seperti whatsapp,
twitter dan facebook sehingga tidak menimbulkan komunikasi multi arah, dan
keterbatasan SDM.
Tidak tersedia versi lain