Text
UPAYA GURU PAI MEMBANGUN KARAKTER ISLAMI SISWA MELALUI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDI MISBAHUS SHUDUR TORON SAMALEM BLUMBUNGAN
V
ABSTRAK
Naufal Firdausy, 2018, Upaya Guru PAI Membangun Karakter Islami Siswa
Melalui Pendidikan Agama Islam di SDI Misbahus Shudur Toron Samalem
Blumbungan, Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam,
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura, Dosen Pembimbing Mohammad
Farah Ubaidillah, M.Hum
Kata Kunci: Upaya, Guru PAI, Karakter Islami Siswa, Pendidikan Agama Islam
Penelitian ini di latarbelakangi oleh sebuah fenomena kenakalan siswa
yang akhir-akhir ini semakin menghawatirkan, seperti: tawuran antar pelajar,
pergaulan bebas dikalangan remaja, penyalahangunaan narkoba dan sebagainya.
Dari permasalahan tersebut para guru khususnya guru Pendidikan Agama Islam
memiliki tugas dan upaya untuk membangun karakter siswa. Dalam hal ini
peneliti membahas terkait upaya Guru PAI membangun karakter islami siswa
melalui Pendidikan Agama Islam di SDI Misbahus Shudur Toron Samalem
Blumbungan. Adapun yang menjadi fokus penelitian dalam penelitian ini adalah
(1) Bagaimana upaya guru PAI membangun karakter islami siswa melalui
Pendidikan Agama Islam di SDI Misbahus Shudur Toron Samalem Blumbungan?
(2) Apa saja faktor pendukung upaya guru PAI membangun karakter islami siswa
melalui Pendidikan Agama Islam di SDI Misbahus Shudur Toron Samalem
Blumbungan? (3) Apa saja faktor penghambat upaya guru PAI membangun
karakter islami siswa melalui Pendidikan Agama Islam di SDI Misbahus Shudur
Toron Samalem Blumbungan? Hasil penelitian ini diharap mampu memberikan
pemahaman kepada calon guru dan guru mengenai upaya guru PAI membangun
karakter islami siswa melalui Pendidikan Agama Islam sehingga tercapai suatu
tujuan yang diharapkan.
Penelitian ini disusun berdasarkan data lapangan yang menggunakan
pendekatan kualitatif. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan observasi
partisipan, wawancara mendalam, dan study dokumentasi. Sedangkan untuk
analisisnya, peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu
berupa uraian dan gambaran data-data yang terkumpul secara menyeluruh tentang
keadaan yang sebenarnya.
Hasil penelitian ini bahwa guru PAI sangat berperan dalam dalam
membangun karakter siswa si SDI Misbahus Shudur Toron Samalem
Blumbungan yaitu dengan cara (1) Sebagai fasilitator, yaitu menyediakan situasi
dan kondisi yang dibutuhkan oleh siswa (2) Sebagai motivator, yaitu memberikan
dorongan kepada siswa agar giat belajar (3) Sebagai pendidik dan pengajar, yaitu
mengoptimalkan pelajaran bidang studi Pendidikan Agama Islam, yang
diwujudkan dengan cara memberikan pembinaan, pembiasaan dan keteladanan (4)
Meningkatkan hubungan kerja sama dengan orang tua siswa. Kedua, faktor
pendukung: (1) Dukungan dari orang tua siswa (2) Dukungan dari Kepala Sekolah
(3) Bantuan buku dari Pemerintah. Ketiga, Faktor penghambat: (1) Faktor
internal, seperti karakter siswa yang berbeda (2) Faktor eksternal, seperti
kurangnya motivasi dari orang tua siswa. Berkembangnya alat-alat teknologi dan
kurang tersedianya sarana dan prasarana serta lingkungan tempat bergaul yang
kurang baik.
Tidak tersedia versi lain