Text
KORELASI PENDIDIKAN KARAKTER DENGAN PENDIDIKAN IPS DI MTs. 3 ANNUQAYAH GULUK-GULUK SUMENEP
ABSTRAK
Siti Maulida Amalia, 2020, Korelasi Pendidikan Karakter dengan Pendidikan IPS di MTs. 3 Annuqayah Guluk-Guluk Sumenep, Skripsi, Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Madura, Pembimbing : Mulyadi, S.S., M.Pd.
Kata Kunci :Pendidikan Karakter, Pendidikan IPS
Pendidikan merupakan upaya yang dilakukan oleh seseorang untuk mempelajari banyak hal. Pendidikan membutuhkan sebuah kurikulum untuk mempermudah proses pembelajaran yang sistematis. Kurikulum yang dicanangkan oleh pemerintah dan terlaksana saat ini ialah kurikulum 2013. Kurikulum 2013 yang biasa disebut K-13 merupakan kurikulum yang berbasis karakter dan kompetensi.Kurikulum 2013 mempunyai 4 Kompetensi Inti (KI) yang berisi tujuan dari proses pembelajaran, meliputi: Kompetensi Inti-1 (KI-1) untuk kompetensi inti sikap spiritual, Kompetensi Inti-2 (KI-2) untuk kompetensi inti sikap social, Kompetensi Inti-3 (KI-3) untuk kompetensi inti pengetahuan, dan Kompetensi Inti-4 (KI-4) untuk kompetensi inti keterampilan. Konsep dasar pendidikan karakter tersebut juga terdapat dalam konsep pendidikan Pendidikan IPS.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang berdasar pada permasalahan-permasalahan dekadensi moral, permasalahan yang ditemukan adalah pelanggaran yang dilakukan siswa secara berulang yang pada akhirnya melibatakan wali siswa. Sehingga permasalahan utama yang menjadi pokok kajian ialah Korelasi Pendidikan Karakter dengan Pendidikan IPS di MTs. 3 Annuqayah Guluk-Guluk Sumenep.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif (quantitative approach).Artinya, dalam penelitian ini analisis data yang digunakan adalah analisis data statistik. Kemudian peneliti di dalam melangsungkan penelitian ini menggunakan penelitian korelasi (correlation research), yaitu mencari hubungan antara variabel yang satu dengan variabel yang lain.
Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan angket tentang pendidikan karakter sejumlah 21 soal yang memuat 7 indikator. Dengan rincian 21 soal dibagi jumlah indikator, sehingga setiap indikator terdiri dari 3 soal. Lalu juga diperoleh nilai pendidikan IPS siswa dari nilai mata pelajaran IPS (raport) semester ganjil. Ketika diuji menggunakan teknik korelasi produk momen, diketahui bahwa pendidikan karakter dengan pendidikan IPS memiliki hubungan. juga diketahui bahwa rxy = 1, apabila r kerja 1 berada pada rentetan angka antara 0,800 sampai dengan 1,00 dengan interpretasi korelasi tinggi.
Tidak tersedia versi lain