PERPUSTAKAAN IAIN MADURA

Perpustakaan Religius dan Kompetitif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

PENGARUH PENGURANGAN JAM PELAJARAN PKn (PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN) TERHADAP RASA NASIONALISME SISWA DI MI AL-DJUFRI

Choirul Anam - Nama Orang;

ABSTRAK
Choirul Anam, 2020, Pengaruh Pengurangan Jam Pelajran PKn (Pendidikan
Kewarganegaraan) terhadap Rasa Nasionalisme Siswa di MI AL-Djufri, Skripsi,
Program Studi PGMI, Fakultas Tarbiyah, IAIN Madura, Pembimbing: Dr. Edi
Susanto, M. Fill. I
Kata Kunci: Pengurangan Jam Pelajaran PKn, Rasa Nasionalisme.
Pendidikan kewarganegaraan (PKn) berupaya mengantarkan warga
negara Indonesia menjadi ilmuan yang profesional yang memiliki rasa
kebangsaan dan cinta tanah air, menjadi warga negara demokratis yang
berkeadaban,yang memiliki daya asing , berdisiplin, dan berpartisipasi aktif
dalam membangan kehidupan yang damai berdasarkan sistem nilai pancasila.
Pada penelitian ini memfokuskan pada dua permasalahan, yaitu:
pertama, Adakah pengaruh peranan pelajaran PKn dalam membetuk rasa
nasionalisme siswa di MI Al-Djufri ; kedua, Seberapa besar pengaruh dampak
dari pengurangan jam pelajaran PKn terhadap rasa nasionalisme siswa di MI AlDjufri.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasi. Instrumen
data diperoleh melalui angket, observasi, wawancara dan dokumentasi serta
analisis datanya menggunakan statistic korelasi product moment yang tujuannya
untuk mengetahui korelasi antara variabel X dengan variabel Y.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, Pengaruh Pengurangan
Jam Pelajran PKn (Pendidikan Kewarganegaraan) terhadap Rasa Nasionalisme
Siswa di MI AL-Djufri. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis dengan teknik
product moment bahwa nilai “r” kerja (0,08) lebih kecil dari “r” tabel baik pada
taraf signifikan 5% (0,456) maupun taraf signifikan 1 % (0,575), berdasarkan
ketentuan, jika “r” kerja lebih kecil dari “r” tabel, maka tidak ada korelasi
signifikan antara Pengurangan Jam Pelajran PKn (Pendidikan Kewarganegaraan)
terhadap Rasa Nasionalisme Siswa. Kedua, besar Pengaruh Pengurangan Jam
Pelajran PKn (Pendidikan Kewarganegaraan) terhadap Rasa Nasionalisme Siswa
adalah sangat rendah. Hal ini berdasarkan hasil interpretasi “r” kerja (0,08)
dengan interpretasi nilai “r” berada pada interval 0,000 s/d 0,200 dengan
interpretasi sangat rendah.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (RUANG TUGAS AKHIR) 152020089 CHO P
152020089
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
152020089 CHO P
Penerbit
Pamekasan : IAIN Madura., 2020
Deskripsi Fisik
xiii+63 hlm., 21x29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PENDIDIKAN DAN KEWARGANEGARAAN
Skripsi PGMI 2020
Info Detail Spesifik
089
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN IAIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?