Text
PENGARUH PENGURANGAN JAM PELAJARAN PKn (PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN) TERHADAP RASA NASIONALISME SISWA DI MI AL-DJUFRI
ABSTRAK
Choirul Anam, 2020, Pengaruh Pengurangan Jam Pelajran PKn (Pendidikan
Kewarganegaraan) terhadap Rasa Nasionalisme Siswa di MI AL-Djufri, Skripsi,
Program Studi PGMI, Fakultas Tarbiyah, IAIN Madura, Pembimbing: Dr. Edi
Susanto, M. Fill. I
Kata Kunci: Pengurangan Jam Pelajaran PKn, Rasa Nasionalisme.
Pendidikan kewarganegaraan (PKn) berupaya mengantarkan warga
negara Indonesia menjadi ilmuan yang profesional yang memiliki rasa
kebangsaan dan cinta tanah air, menjadi warga negara demokratis yang
berkeadaban,yang memiliki daya asing , berdisiplin, dan berpartisipasi aktif
dalam membangan kehidupan yang damai berdasarkan sistem nilai pancasila.
Pada penelitian ini memfokuskan pada dua permasalahan, yaitu:
pertama, Adakah pengaruh peranan pelajaran PKn dalam membetuk rasa
nasionalisme siswa di MI Al-Djufri ; kedua, Seberapa besar pengaruh dampak
dari pengurangan jam pelajaran PKn terhadap rasa nasionalisme siswa di MI AlDjufri.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasi. Instrumen
data diperoleh melalui angket, observasi, wawancara dan dokumentasi serta
analisis datanya menggunakan statistic korelasi product moment yang tujuannya
untuk mengetahui korelasi antara variabel X dengan variabel Y.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, Pengaruh Pengurangan
Jam Pelajran PKn (Pendidikan Kewarganegaraan) terhadap Rasa Nasionalisme
Siswa di MI AL-Djufri. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis dengan teknik
product moment bahwa nilai “r” kerja (0,08) lebih kecil dari “r” tabel baik pada
taraf signifikan 5% (0,456) maupun taraf signifikan 1 % (0,575), berdasarkan
ketentuan, jika “r” kerja lebih kecil dari “r” tabel, maka tidak ada korelasi
signifikan antara Pengurangan Jam Pelajran PKn (Pendidikan Kewarganegaraan)
terhadap Rasa Nasionalisme Siswa. Kedua, besar Pengaruh Pengurangan Jam
Pelajran PKn (Pendidikan Kewarganegaraan) terhadap Rasa Nasionalisme Siswa
adalah sangat rendah. Hal ini berdasarkan hasil interpretasi “r” kerja (0,08)
dengan interpretasi nilai “r” berada pada interval 0,000 s/d 0,200 dengan
interpretasi sangat rendah.
Tidak tersedia versi lain