Text
PENDIDIKAN PARENTING DALAM PERKEMBANGAN AKHLAK DAN KECERDASAN PESERTA DIDIK DI SDN PLAKPAK 7 PEGANTENAN PAMEKASAN
ABSTRAK
Lindasari, 2020, Pendidikan Parenting dalam Perkembangan Akhlak dan Kecerdasan Peserta
Didik di SDN Plakplak 7 Pegantenan Pamekasan, Skripsi, Program Studi PGMI, Fakultas
Tarbiyah, IAIN Madura, Pembimbing: Dr. H. Ahmad Muhlis, M.A
Kata Kunci: Pendidikan Parenting, Perkembangan Akhlak dan Kecerdasan.
Pendidikan parenting adalah salah satu pendidikan yang melibatkan orang tua dalam
perkembangan akhlak dan kecerdasan, tidak hanya guru yang bertanggung jawab dalam
menentukan hasil pendidikan anak namun orang tua juga memiliki tanggung jawab dalam
mendidik anaknya. Seperti yang kita ketahui bahwa orang tua adalah pendidikan pertama yang
dilihat oleh anak dan dapat menentukan masa depannya.
Berdasarkan permasalahan tersebut, maka ada dua fokus penelitian yang menjadi kajian
utama dalam penelitian ini, yaitu: pertama, Bagaimana pendidikan parenting dalam
perkembangan akhlak dan kecerdasan peserta didik di SDN Plakpak 7 Pegantengan
Pamekasan. Kedua, apa dampak pendidikan parenting dalam perkembangan akhlak dan
kecerdasan peserta didik di SDN Plakpak 7 Pegantenan Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Data
penelitian yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informen penelitian
ini melitputi: kepala sekolah, guru, orang tua, dan siswa. Sedangkan dalam pengecekan ke
absahan data dengan melakukan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan
triangulasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa demi berjalannya pendidikan parenting di SDN
Plakpak 7, pihak sekolah mengadakan “rapat silaturrahmi” yang mana seluruh orang tua siswa
menghadirinya. Adanya rapat tersebut untuk dapat mempermudah pihak sekolah dalam
menjalin kerjasama dengan orang tua dalam perkembangan pendidikan (akhlak dan
kecerdasan). Dengan keikutsertaan orang tua dalam membimbinga peserta didik dapat
memberikan dampak keberhasilan dalam perkembangan akhlak dan kecerdasan peserta didik
di SDN Plakpak 7 Pegantenan Pamekasan. Adapun ada beberapa dampak “Rapat
Silaturrahmi”, yaitu: pertama terbentuknya sinergitas antara guru dan orang tua, kedua semakin
pesatnya pertambahan siswa di SDN Plakpak 7 Pegantenan, ketiga terbentuknya peserta didik
yang beraklaqul karimah dan berintelektual tinggi. Maka dari itu peran orang tua sangat
dibutuhkan dalam mencapai tujuan pendidikan peserta didik
Tidak tersedia versi lain