Text
ANALISIS KUALITAS PRODUK TABAH DALAM UPAYA MENINGKATKAN LOYALITAS NASABAAH DI BMT NU JAWA TIMUR CABANG TLANAKAN
ABSTRAK
Siti Hafifah, 2020, Analisis Kulitas Produk Tabah dalam Upaya Meningkatkan
Loyalitas Nasabah di BMT NU Jawa Timur Cabang Tlanakan, Skripsi,
Program Studi Perbankan Syariah, IAIN Madura, Pembimbing: Dr. H.
Nashar, MM., M. Si
Kata Kunci : Kualitas Produk Tabah dan Loyalitas Nasabah.
BMT merupakan lembaga keuangan non bank yang dalam kegiatannya
tidak jauh berbeda dengan kegiatan yang dilakukan bank pada umumnya yaitu
menghimpun dan menyalurkan dana masyarakat.
Dalam hal ini yang di lakukan BMT NU jawa timur cabang tlanakan
pertama melakukan analisa terlebih dahulu tentang kualitas produk dan Loyalitas
Nasabah nya. Kualitas Produk adalah suatu produk yang bebas cacat, Produk yang
berkualitas adalah produk yang memerlukan sangat sedikit perbaikan dan tahan
lama nya dari produk para pesaing. Meningkatkan kualitas produk di capai dengan
mengimplementasikan prosedur yang dapat membuat produk bekerja atau
berfungsi lebih baik untuk jangka panjang. Karena suatu kualitas sangat
berpengaruh besar dalam mengembangkan produknya. Loyalitas Nasabah
menurut Graffin, menyatakan bahwa loyalitas lebih mengacu pada wujud perilaku
unit-unit pengambilan keputusan untuk melakukan pembelian secara terus
menerus terhadap barang atau jasa dari suatu perusahaan yang dipilih. Sedangkan
dalam upaya meningkatkan loyalitas nasabah perusahaan memang lah mempunyai
strategi yang memang ada dari sananya. Dari konteks diatas, maka yang menjadi
fokus penelitian yang akan di kaji adalah sebagai berikut : pertama Bagaimana
kualitas dari produk tabah di BMT NU Jawa timur Cabang Tlanakan?Kedua,
Bagaimana efektifitas kualitas produk tabah dalam upaya meningktkan loyalitas
nasabah di BMT NU Jawa timur Cabang Tlanakan?
Metode yang digunakan untuk penelitian ini adalah dengan menggunakan
metode penelitian lapangan (field research) dan jenis penelitiannya adalah
kualitatif. Dengan sumber data yang di peroleh dari Wawancara, dimana yang
menjadi informan sendiri adalah pihak BMT NU Jawa Timur Cabang Tlanakan.
Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini menunjukkan pertama : Bagaimana kualitas produk
tabah di BMT NU Jawa Timur Cabang Tlanakan Dapat di analisa bahwa kualitas
produk tabah merupakan produk unggulan yang memiliki sistem bagi hasil dan
banyak peminatnya. Kedua : Bagaimana Efektifitas kualitas produk tabah dalam
Upaya atau strategi meningkatkan loyalitas nasabah Setelah menganalisis dari
kualitas produk tabah, Mestinya perbandingan antara kualitas dan efektifitas itu
sangat sedikit, jika sudah mencapai tujuan yang efektif maka suatu proses akan
mengembangkan pencapaian target yang tinggi, dan jika dikatakan produk itu
berkualitas maka memiliki tingkatan baik atau buruknya suatu derajat produknya.
Tidak tersedia versi lain