Text
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN CUSTOMER SERVICE TERHADAP KEPUASAN NASABAH DI BANK PEMBIAYAAN RAKYAT SYARIAH (BPRS) BHAKTI SUMEKAR PUSAT
ABSTRAK
Maulidatun Nayyiroh, 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan Customer Service
Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Bhakti
Sumekar Pusat, Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Eknmi Dan
Bisnis Islam, IAIN Madura, Pembimbing : Syukron Affani M.Si
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Customer Service, Kepuasan Nasabah
Pelayanan adalah tindakan yang dilakukan oleh pihak pemberi jasa
terhadap orang yang membutuhkan jasa dan bersifat tidak kasat mata (tidak dapat
diraba) yang terjadi sebagai akibat adanya interaksi antara konsumen dengan
karyawan atau hal-hal lain yang disediakan oleh perusahaan pemberi pelayanan
yang dimaksudkan untuk memecahkan permasalahan konsumen/pelanggan.
Istialah customer service digunakan secara khusus untuk dunia perbankan yang
khusus menangani dan melayani nasabah, dimana selama bertugas customer
service lebih banyak bicra dan tidak berhubungan dengan penyetoran dan
penarikan uang. Tujuan daam peneitian ini adalah sebagai berikut: pertama,
Adakah pengaruh kualitas pelayanan customer service terhadap kepuasan nasabah
di Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Bhakti Sumekar Pusat; kedua,
Seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan customer service terhadap kepuasan
nasabah Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Bhakti Sumekar Pusat.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dan jenis
penelitian yang dilakukan adalah jenis explanatory dengan menggunakan analisis
regresi linier sederhana yang berguna untuk mengukur kekuatan hubungan antara
satu variabel dengan variabel lainnya dan menunjukkan arah hubungan antara
variabel dependen dengan variabel independen, jenis data yang digunakan adalah
data primer yang diperoleh melalui kuesioner, dan prosedur pengumpulan data
melalui angket/kuesioner dan dokumentasi.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa yang pertama, terdapat
pengaruh yang signifikan kualitas pelayanan customer service terhadap kepuasan
nasabah di BPRS Bhkati Sumekar Pusat. Dengan nilai thitung = 6,303 > ttabel =
1,66235 (taraf signifikan sebesar 0,000 < 0,05), hal ini berarti Ho ditolak dan
menerima Ha; kedua, nilai R square 0,303 atau 30,3% yang berarti bahwa
variabel independen mampu menjelaskan variabel dependen sebesar 30,3%
sedangkan sisanya (100%-30,3%=69,7%) dipengaruhi oleh variabel-variabel lain.
Jumlah skor kriterium variabel X (kualitas pelayanan) adalah 72% maka
dikatakan kuat dan jumlah skor kriterium variabel Y (kepuasan nasabah) adalah
80% maka dikatakan kuat.
Tidak tersedia versi lain