Text
UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING UNTUK MENGATASI STRESS SEKOLAH DALAM PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK DI SMK NEGERI 1 PROPPO
ABSTRAK
Tutik Indriani, 2021, Skripsi Upaya Guru Bimbingan Dan Konseling Untuk Mengatasi
Stress Sekolah Dalam Perkembangan Peserta Didik di SMK Negeri 1 Proppo, Jurusan
Bimbingan Konseling Pendidikan Islam. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura,
Pembimbing Dr. H. Moh. Muchlis Solichin, M. Ag. Kata Kunci :Upaya Guru BK, Stress Sekolah, SMK Negeri 1 Proppo
Stress merupakan fenomena umum yang selalu hadir dalam kehidupan manusia setiap
harinya, hal ini disebabkan dimana manusia masih berinteraksi dengan lingkungannya maka
stress itu pasti akan selalu ada karena pada dasarnya tidak ada manusia yang dapat
menghindar dari stress. Stress diartikan suatu reaksi fisik dan psikis terhadap setiap tuntutan
yang menyebabkan terganggunya stabilitas kehidupan sehari-hari. Sedangkan stress dalam
kehidupan siswa dalam khazanah psikologi disebut dengan istilah stress di sekolah. Di SMK Negeri Proppo sebagai sekolah negeri yang berakreditsi A. Maka dari itu
hasil akademik siswa diharuskan bisa mencerminkan akreditasi sekolah sehingga pihak
sekolah tidak lepas dari memberikan penugasan terhadap siswa. Sama halnya dengan siswa
pada umumnya. Siswa di SMK Negeri 1 Proppo tidak lepas dari stress sekolah yang
disebabkan oleh banyaknya tugas serta adanya tuntutan lainnya.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga fokus penelitian yang menjadi kajian pokok
dalam penelitian ini. Pertama, macam-macam stress sekolah dalam perkembangan peserta
didik di SMKN 1 Proppo. Kedua, Upaya guru BK untuk mengatasi stress sekolah dalam
perkembangan perkembangan peserta didik di SMKN 1 Proppo. Ketiga, Apa saja kendala
guru BK dalam mengatasi stress sekolah dalam perkembangan peserta didik di SMKN 1
Proppo.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif.
Sedangkan yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah guru BK, Kepala Sekolah dan
siswa SMK Negeri 1 Proppo. Pengumpulan data menggunakan tehnik observasi, wawancara
dan dokumentasi, sedangkan tehnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
deskriptif analisis dengan cara mendeskripsikan data. Tehnik pengecekan keabsahan data
menggunakan perpanjangan keikutsertaan, Ketekunan pengamatan, dan Triangulasi.
Adapun hasil penelitiannya adalah Pertama, macam-macam stress sekolah yang ada
di SMK Negeri 1 Proppo ini meliputi: 1) stress karena banyaknya tuntutan tugas, 2) Tuntutan
peran harus di jalani oleh siswa, 3) Tuntutan interpersonal yang mengharuskan siswa tunduk
patuh pada peraturan yang ada tanpa di ikuti dengan pendapat siswa itu sendiri. Kedua,
Upaya guru BK untuk mengatasi stress sekolah dalam perkembangan perkembangan peserta
didik di SMKN 1 Proppo meliputi: 1) Menciptakan iklim sekolah yang kondusif. 2) SMK
Negeri Proppo melakukan bimbingan konseling dengan metode-metode tertentu sebagai
bentuk dari program pelatihan penanggulangan stress. 3) Mengembangkan resiliensi peserta
didik dengan memberi penugasan yang sesuai dengan kemampuan siswa di SMK Negeri
Proppo tersebut. Ketiga, Kendala guru BK dalam mengatasi stress sekolah dalam
perkembangan peserta didik di SMKN 1 Proppo yaitu: 1) Kurangnya keterbukaan siswa
untuk menceritakan masalah yang sedang di hadapi. 2) Kurangnya tenaga kerja guru BK di
sekolah. 3) Kurangnya partisipasi dari Orang tua
Tidak tersedia versi lain