Text
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS DI KELAS VIII C MTS AL-ULA I SUMBER BATU PAMEKASAN
ABSTRAK
Shohefatur Rohmah, 2020, Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ips Di Kelas VIII C MTs Al-Ula I Sumber Batu Pamekasan, Skripsi, Program Studi TIPS, Jurusan Tarbiyah, IAIN Madura, Pembimbing: Hasan Basri, M.Pd.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Inkuiri, Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial
Suatu pembelajaran dikatakan berhasil jika hasil belajar siswa terkatagori baik. Dimana hasil belajar siswa dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya yaitu model pembelajaran yang digunakan, karena model pembelajaran yang digunakan oleh guru sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa, dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri dapat memotivasi dan merangsang peserta didik agar lebih aktif sehingga hasil belajar siswa terkatagori baik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tidaknya model pembelajaran inkuiri terhadaphasil belajara siswa dalam pembelajaran IPS di kelas VIII C MTs Al-Ula I Sumber Batu Pamekasan. Ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penilitian ini, Pertama, adakah pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di MTs Al-Ula I. Kedua berapa besar pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di MTs Al-Ula I. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi dari penelitian ini yaitu kelas VIII sedangkan sampel penelitiannya kelas VIII C yang akan menjadi sumber data. Adapun instrumen data di peroleh dari hasil belajar siswa melalui pre-test dan post-test. Analisis yang digunakn yaitu analisis uji t
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar, hal itu terbukti bahwa rhitung sebesar 0,658 dengan nilai signifikasi sebesar 0,002 dengan taraf kepercayaan 0,05 (5%) ,maka dapat diperoleh rtabel sebesar0,367, ternyata rhitung lebih besar dari rtabel (0,658> 0,367) sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya “ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa”. Kedua, besar pengaruh model pembelajaran inkuiri sebesar 0,658 berada pada rentetan angka 0,600 sampai dengan 0,800. Dimana pengaruhnya itu secara simultan dengan interpretasi kuat.
Tidak tersedia versi lain