Text
IMPLEMENTASI METODE SNOWBALL THOWING DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SMP AL-FAQIH SUNBER NYAMPLONG KECAMATAN PAMEKASAN KABUPATEN PAMEKASAN
ABSTRAK
Fawaid Ahmadi, 2020, Implementasi Metode Snowball Throwing Dalam Pembelajaran IPS Untuk Menumbuhkan Keaktifan Siswa di SMP Al-Faqih Sumber Nyamplong Kecamatan Pamekasan Kabupaten Pamekasan, Skripsi, Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Tarbiyah, IAIN Madura, Pembimbing : Sukron Romadhon M.Pd.
Kata Kunci : Implementasi, Snowball Throwing, IPS
Metode Snawball Thrawing merupakan mode pembelajaran dimana siswa dibentuk menjadi beberapa kelompok dan siswa juga membuat bola dari kertas yang akan digilir k kelompok lain, siswa yang tidak dapat menjawab pertanyaan maka akan dikenai hukuman.
Dari paparan data di atas peneliti memfokuskan pada beberapa fokus permasalahan yaitu Bagaimana Implementasi Metode Snowball Throwing Dalam Pembelajaran IPS Untuk Menumbuhkan Keaktifan Siswa Di SMP AL-FAQIH Sumber Nyamplong Kecamatan Pamekasan Kabupaten Pamekasan. Apa saja kendala dan solusi yang di hadapi guru dalam menggunakan metode Snowball Throwin. Seberapa efektif metode Snowsball Throwing dalam menumbuhkan keaktifan siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologis. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informannya adalah kepala sekolah, guru IPS, dan siswa. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan penelitian, dan triangulasi. Untuk analisis data menggunakan tiga teknik, yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Dalam pembelajaran IPS untuk menumbuhkan keaktifan siswa guru mempunyai metode Khusus yaitu metode Snowball Throwing, dari yang peneliti lihat metode Snowball Throwing berhasil menumbuhkan keaktifan siswa hal ini bisa dilihat dari pada saat proses pembelajaran siswa lebih aktif dari sebelumnya. (2) dari penerapan metode Snowball Throwing guru pasti mempunyai kendala yang di hadapi yaitu siswa susah diatur pada saat proses pembelajaran karena dalam mengimplementasikan metode ini tidak semua siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan baik ada siswa yang hanya bermain-main tidak serius,materi yang dugunakan harus seseuai karena jika tidak proses pembelajaran tidak akan sesuai dengan tujuan pemebelajaran. Dan jika ada kendala pastinya guru mempunyai solusi tersendiri yaitu guru mempunyai kreatifitas tersendiri dalam mengatur siswanya agar siswa tersebut bisa mengikuti proses pembelajaran dan tidak membikin suasana kelas ramai dengan tidak sejawarnya. (3) Metode Snowball Throwing sangat efektif digunakan dalam menumbuhkan keaktifan siswa pada mata pelajaran IPS karena dengan adanya metode ini siswa bisa belajar sambil bermain otomatis dapat menumbuhkan keaktifan siswa pada saat prosesnpembelajaran.
Tidak tersedia versi lain