Text
IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN KARYAWISATA DALAM MENUMBUHKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN SOSIOLOGI SISWA KELAS X DI MADRASAH ALIYAH MIFTAHUL ULUM SEKAR ANOM BULANGAN TIMUR PEGANTENAN PAMEKASAN
ABSTRAK
Risqina Karimah, 2020, Implementasi Metode Pembelajaran Karyawisata Dalam Menumbuhkan Pemahaman Siswa Terhadap Mata Pelajaran Sosiologi Siswa Kelas X Di Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Sekar Anom Bulangan Timur Pegantenan Pamekasan, Skripsi, Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Tarbiyah, IAIN Madura, Pembimbing : Itaanis Tiana, S.Sos. MA.Hum
Kata Kunci : Implementasi, Karyawisata, Sosiologi
Sosiologi merupakan materi yang berhubungan dengan masyarakat, mata pelajaran sosiologi yang cenderung menoton dapat membuat siswa jenuh dan acuh tak acuh dalam proses pembelajran. Dalam proses pembelajaran sosiologi agar siswa tidak jenuh bisa menggunakan metode pembelajaran khusus dalam proses pembelajaran. Salah satunya bisa menggunakan metode Karyawisata.
Metode karyawisata merupakan metode pembelajaran yang dilakukan diluar kelas yang mana guru menyesuaikan materi dengan tempat yang ingin dikunjungi metode ini tepat digunakan dalam mata pelajaran sosiologi. Karena bisa membuat siswa tidak bosan dan bisa lebih memahami mate pelajaran sosiologi. Selain itu siswa bisa mengetahui langsung objek yang berkaitan dengan materi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologis. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informannya adalah kepala sekolah, guru Sosiologi, dan siswa. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan penelitian, dan triangulasi. Untuk analisis data menggunakan tiga teknik, yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Strategi yang digunakan guru dalam menumbuhkan pemahaman siswa pada mata pelajaran sosiologi yaitu dengan menggunakan metode Karyawista. Dalam penerapan metode Karyawisata pada mata pelajaran Sosiologi sejauh ini sudah berhasil menumbuhkan pemahaman siswa hal ini bisa dilihat dari evaluasi yang telah dilakukan oleh guru (2) Dampak dari penerapan metode Karyawisata terhadap siswa pada mata pelajaran Sosiologi siswa dapat lebih mudah memahami materi yang diberikan oleh guru karena siswa dapat melihat langsung fenomena yang sedang terjadi. Sehingga siswa dapat menerapkan cara berinteraksi dengan baik dilingkungan maupun dilingkungan masyarakat. (3) Dalam menerapkan metode Karyawisata pastinya ada kendala yang dihadapi oleh guru yaitu tidak semua siswa dapat mengikuti proses pembelajaran dengan baik, lembaga tersebut berada dibawah naungan pondok pesantren sehingga penerapan metode Karyawisata tidak dapat dilakukan di tempat yang terlalu jauh. Dimana ada kendala pastinya juga ada solusi yang dilakukan oleh guru yaitu guru harus bisa mengatur jarak dari lembaga ketempat yang akan dikunjungi sehingga waktu bisa terminimalisir dengan baik, mengajak siswa ketempat yang tidak terlalu jauh dari lembaga karena jika tempat yang dikunjungi terlalu jauh maka proses pembelajaran tidak akan berjalan dengan lancar, materi yang digunakan harus relevan.
Tidak tersedia versi lain