Text
PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONBILITY (CSR),LEVERAGE,DAN FIRM SIZE TERHADAP EARNING RESPONSE COEFFICIENT (ERC) PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SUB SEKTOR INDUSTRI BARANG KONSUMSI YANG TERDAFTAR DI DAFTAR EFEK SYARIAH (DES) PERIODE 2018-2019
ABSTRAK
Yuliana Putri, 2020, Pengaruh Corporate Social Responbility (CSR), Leverage,
Dan Firm Size Terhadap Earning Response Coefficient (ERC) Pada Perusahaan
Manufaktur Sub Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Daftar Efek
SyariaH (DES) Periode 2018-2019, Skripsi, Program Studi Akuntansi Syariah,
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Madura, Pembimbing:
Ainol Yakin, M.M.
Kata Kunci: Corporate Social Responbility, Leverage, Firm Size, Earning
Response Coefficient. Daftar Efek Syariah merupakan kumpulan efek yang menganut paham
syariah atau dengan kata lain tidak bertentangan dengan ketentuan-ketentuan
syariah di dalam pasar modal yang ditetapkan dan disetujui oleh Bapepam-LK.
Perusahaan Manufaktur subsektor Industri Barang Konsumsi merupakan salah
satu perusahaan yang terdaftar di daftar efek syariah. Semakin tinggi tingkat
perusahaan dalam merespon koefisien pasar makin baik pula kinerja suatu
perusahaan.
Respon Koefisien Pasar atau ERC dapat diprediksi dengan melakukan
analisis laporan keuangan perusahaan melalui rasio keuangan. Penelitian ini
bertujuan untuk menganalisis Corporate Social Responbility, Leverage, Firm Size
secara simultan maupun parsial apakah berpengaruh secara signifikan maupun
tidak terhadap Earning Response Coefficient pada perusahaan Manufaktur
subsektor Industri Barang Konsumsi di Daftar Efek Syariah Periode 2018-2019.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini merupakan pendekatan
Kuantitatif, dengan teknis analisis linear berganda dan menggunakan bantuaan
SPSS versi 20. Data berjenis sekunder dengan banyak sampel sebesar 48. Laporan
keuangan beserta hipotesis menggunakan perhitungan uji F, uji T dengan
menggunakan uji asumsi klasik sebagai pedoman dalam mengetahui data regresi
berdistribusi normal.
Berdasarkan hasil uji asumsi klasik data regresi berdistribusi normal dan
memenuhi empat kriteria uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan jika
Corporate Social Responbility, Leverage, dan Firm Size secara simultan atau
secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap Earning Response
Coefficient. Hal ini dapat dilihat melalui hasil nilai signifikansi yang lebih kecil
dari α = 0,05 yaitu 0,000 < 0,05. Dalam uji t (parsial) yang berpengaruh terhadap
Earning Response Coefficient adalah Firm Size nilai signifikan sebesar 0,004.
Berdasarkan hasil analisis koefisien desterminasi terlihat bahwa besarnya Adjust
Square adalah 0,684 atau 68,4%. Hal ini berarti sebesar 68,4% kemampuan model
regresi pada penelitian ini dalam menerangkan variabel dependen. Artinya 68,4%
variabel Earning Response Coefficient dijelaskan oleh variabel variasi variabel
independen Corporate social Responbility, Leverage, dan Firm Size. Sedangkan
sisanya (100%-68,4%) 31,6% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar variabel
yang diteliti.
Tidak tersedia versi lain