Text
PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS DI SMA MAARIF 1 PAMEKASAN
ABSTRAK
Ahdyat Rifqi Ariq Herman, 2020 Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis
Higher Order Thinking Skills di SMA Maarif 1 Pamekasan, Skripsi, Program
Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Pembimbing: Dr. Siswanto,
M.Pd.
Kata Kunci: Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, higher order thinking skills
(HOTS)
Higher Order Thinking Skills atau berpikir tingkat tinggi merupakan
keterampilan berfikir yang sangat diperlukan pada saat ini apalagi dengan
berlakunya kurikulum 2013 dimana siswa dituntut lebih aktif dari gurunya maka
keterampilan berfikir tinggat tinggi ini sangat sesuai karena siswa dilatih untuk
berpikir kritis, berpikir kreatif, logis, analitis, dan sistematis.
Rumusan masalah yang akan diangkat adalah: pertama, Perencanaan
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis higher order thinking skills di
SMA Maarif 1 Pamekasan, kedua, Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama
Islam berbasis higher order thinking skills di SMA Maarif 1 Pamekasan, ketiga,
Proses Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis higher order
thinking skills di SMA Maarif 1 Pamekasan, keempat, Faktor Pendukung dan
Penghambat Pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis higher order
thinking skills di SMA Maarif 1 Pamekasan.
Penelitian ini bersifat lapangan, maka dalam pengumpulan data penelitian
menggunakan wawancara dan observasi. Sebagai data primer yaitu data yang
diperoleh dari referansi-referensi yang berkaitan dengan permasalahan yang
diteliti. Setelah data terkumpul, maka penulis menganalisa data dengan metode
reduksi data, penyajian data, serta menarik kesimpulam.
Adapun hasil penelitian di lapangan maka dapat diambil kesimpulan bahea
pembelajaran Pendidikan Agama Islam sudah berorientasi terhadap pemikiran
tingkat tinggi atau HOTS, perencanaan pembelajaran pendidikan Agama Ialam
sudah sesuai dengan RPP, Proses evaluasi pembelajaran menggunakan 3 aspek
penilaian, yaitu penilaian sikap, penilaian pengetahuan, dan penilaian
keterampilan yang sudah sesuai dengan jurnal penilaian.
Tidak tersedia versi lain