Text
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL WHATSAPP TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MASA PANDEMI COVID-19 KELAS VI DI SD NEGERI PAKONG 1 PAMEKASAN
ABSTRAK
Sitti Fatimah, 2020, Pengaruh Penggunaan Media Sosial WhatsApp Terhadap
Motivasi Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid-19 Kelas VI di SD Negeri
Pakong 1 Pamekasan, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah
Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Madura (IAIN),
Dosen Pembimbing: Moh Fauzi, S.Pd.,M.Si.
Kata Kunci: Media Sosial WhatsApp, Motivasi Belajar Siswa, Pandemi
COVID-19.
Belajar adalah kunci yang paling utama dari setiap usaha pendidikan.
Artinya tanpa belajar sesungguhnya tidak akan ada interaksi dari dua sosok yaitu
pendidik dan anak didik di dunia pendidikan. Dimasa pandemi Covid-19 guru dan
siswa tidak diperkenankan untuk melaksanakan belajar mengajar dengan cara
tatap muka, tetapi belajar secara daring dengan menggunakan media sosial, salah
satunya menggunakan media sosial WhatsApp, hal ini dilakukan agar siswa tidak
ketinggalan pelajaran dan guru bisa melaksanakan kewajibannya.
Fitur Chat pribadi maupun WhatsApp Messenger Group dapat digunakan
oleh guru dan siswa untuk melakukan komunikasi maupun diskusi pembelajaran
melalui media sosial ini dan bisa digunakan sebagai penyebaran informasi lain
yang terkait dengan kegiatan belajar. Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua
permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini yaitu: pertama,
tentang adakah pengaruh penggunaan media sosial WhatsApp terhadap motivasi
belajar siswa di masa pandemi Covid-19 kelas VI di SD Negeri Pakong 1
Pamekasan. Kedua, Seberapa besar pengaruh penggunaan media sosial WhatsApp
terhadap motivasi belajar siswa di masa pandemi Covid-19 kelas VI di SD Negeri
Pakong 1 Pamekasan. Populasi penelitian adalah siswa SDN Pakong 1 Pamekasan
yaitu kelas VIA dan VIB, tahun ajaran 2020-2021 sebanyak 50 siswa.
Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif.
Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik dengan
rumus yang digunakan adalah product moment dan instrumen penelitian yang
digunakan yaitu pedoman observasi, angket, dan pedoman dokumentasi.
Hasil analisis penelitian ini menunjukkan diterima tidaknya hipotesis yang
diajukan peneliti, maka nilai “r” kerja dibandingkan dengan nilai “r” tabel.
Diketahui nilai “r” tabel pada N=50 terhadap interval kepercayaan 95% sebesar
0,297 dan 99% sebesar 0,361. Dari hasil analisis tersebut, maka hasil yang
diperoleh nilai “r” kerja lebih besar dari nilai “r” tabel product moment, maka dari
hasil penelitian tersebut dinyatakan “ada pengaruh”. Sedangkan untuk besar
pengaruh dari penggunaan media sosial WhatsApp terhadap motivasi belajar siswa
dimasa pandemi COVID-19 adalah “sedang atau cukup” hal tersebut diketahui
berdasarkan analisis data pada tabel interprestasi product moment yang
menunjukkan bahwa “r” kerja 0,463 berada diantara 0,40-0,70. Dengan demikian
besar pengaruhnya adalah “sedang atau cukup”.
Tidak tersedia versi lain