Text
PEMBERDAYAAN KOPERASI SISWA UNTUK MEMBANGUN JIWA ENTREPRENEURSHIP ANGGOTA OSIS DI MA MIFTAHUL ULUM LENTENG SUMENEP
ABSTRAK
Kudfiyah, 2020, pemberdayaan koperasi siswa untuk membangun jiwa Entrepreneurship anggota Osis di MA Miftahul Ulum Lenteng Sumenep. Pembimbing: Dr.H. R. Agoes Kamaroellah, M.Si
Kata kunci: pemberdayaan, koperasi siswa, Entrepreneurship, dan Osis
Koperasi siswa adalah koperasi yang didirikan di lingkungan sekolah yang anggotanya juga terdiri dari siswa.Koperasi siswa bisa didirikan dalam semua tingkatan seperti sekolah dasar, sekolah menengah pertama, dan sekolah menengah atas dan seterusnya.Koperasi merupakan suatu model perekonomian yang tersisihkan oleh perekonomian dunia yang mengglobal.karena itu perlu adanya pengembangan koperasi salah satunya yaitu di lingkungan pendidikan formal, termasuk sekolah.
Pada hakikatnya koperasi siswa yang ada di lingkungan sekolah tidak semata-mata untuk memfasilitasi berbagai kebutuhan yang dibutuhkan oleh siswa, tapi wirausaha melalui kopsis ini harus bisa melatih peserta didik dalam menumbuhkan harapan yang baik ke depan mengenai kewirausahan. Dari sisi ekonomi, pembelajaran entrepreneurship akan memberikan tiga manfaat berarti. Pertama, akan menghasilkan manusia-manusia masa depan yang tidak miskin. Kedua, para entrepreneur yang tumbuh adalah sumber-sumber pendapatan Negara yang dapat di andalkan. Ketiga, para entrepreneur, mengembangkan kopsis dan kebutuhan di sekolah. Jadi dalam sisi ekonomi tersebut bisa menghasilkan peserta didik kedepannya bisa menjadi lebih baik lagi dan bisa mengembangkan koperasi siswa di sekolah. Ada dua fokus penelitian yang menjadi kajian utama peneliti ini, yaitu; (1) bagaimana pemberdayaan koperasi siswa di MA Miftahul Ulum Lenteng Sumenep (2) bagaimana upaya membangun jiwa Entrepreneurship Siswa di MA Miftahul Ulum Lenteng Sumenep.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informannya adalah kepala sekolah, ketua Osis dan anggota osis lainnya. Analisis data dengan melakukan checking data, Organizing, data display dan verifikasi. Data yang diperoleh di cek keabsahan datanya dengan perpanjang keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi dan kecukupan referensional
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberdayaan koperasi siswa di sekolah yaitu (1) setiap pengurus osis di bidang koperasi siswa diberi jadwal setiap harinya dengan orang yang berbeda untuk berdagang keliling setiap jam istirahat yang bertugas untuk berjajah ke lingkungan yayasan miftahul Ulum baik di Mi, Mts dan MA Miftahul Ulum. (2)Membuat produk sendiri yaitu hal-hal yang di minati siswa di lingkungan yayasan, karena di yayasan tidak sama jenjangnya jadi di TK sukanya. (3) Menjalin kerja sama dengan pihak-pihak ukm yang dekat di lingkungan yayasan (4) Kerja sama perkelas dengan wali kelasnya 50 persenya wajib beli ke kopsis, bagi yang tidak beli di kenakan denda. Adapun upaya yang membangun jiwa Entrepreneurship anggota Osis yaitu (1) Khusus OSIS mengadakan LDK (2) Program rutin mingguan,(3) Menjalin kerja sama ke lembaga-lembaga lain .
Tidak tersedia versi lain