Text
PENERAPAN MANAJEMEN MUTU TERPADU DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MTS AL-FALAH DEMPO BARAT PASEAN PAMEKASAN
Abstrak
Qadir Ridwan, 2021, Penerapan Manajemen Mutu Terpadu Dalam Meningkatkan
Kinerja Guru di MTs Al-Falah Dempo Barat Pasean Pamekasan, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN
Madura, Pembimbing: Dr. H. Atiqullah, M.Pd
Katakunci: Manajemen Mutu, Kinerja Guru.
MTs Al-Falah Dempo Barat Pasean Pamekasan senantiasa melakukan
perubahan yang berkesinambungan guna untuk meningkatkan mutu pendidikan,
termasuk untuk meningkatkan kinerja guru, salah satu hal yang dilakukan
perubahan adalah terkait pengelolaan guru. Pengelolaan guru yang awalnya
dilakukan secara tradisional, kini dilakukan dengan memanfaatkan media
elektronik, seperti halnya dalam melakukan monitoring, sekolah ini menggunakan
aplikasi guru yang bernama SIM (Sistem informasi manajemen), aplikasi ini
dirancang sendiri oleh pihak sekolah, salah satu kerja dari aplikasi ini adalah
untuk memantau kehadiran dan keaktifan guru.
Dalam penilitian ada dua hala yang menjadi fokus penelitian, pertam
tentang peran yang dilakukan oleh kepala Madrasah dalam menerapkan
manajemen mutu terpadu untuk meningkatkan kinerja guru di MTs Al-Falah
Dempo Barat Pasean Pamekasan, kedua tentang bentuk penerapan manajemen
mutu terpadu dalam meningkatkan kinerja guru di MTs Al-Falah Dempo Barat
Pasean Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian
deskriptif. Informennya adalah kepala MTs Al-Falah Dempo Barat Pasean
Pamekasan, waka kurkkulum dan beberapa guru mata pelajaran. Metode
pengecekan keabsahan data diperoleh dengan perpanjangan keikutsertaan,
ketekunan pengamatan dan triangulasi. Sedangkan tahapan-tahapan yang
dilakukan oleh peneliti dalam menganalisis data diantaranya reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Peran kepala sekolah MTs
Al-Falah Dempo Barat Pasean Pamekasan Dalam penerapan manajemen mutu
terpadu dalam meningkatkan kinerja guru melakukan terobosan-terobosan baru,
beliau memiliki cara tersendiri dalam proses pengelolaan guru agar setiap guru
yang ada di MTs-Al-Falah memiliki kinerja yang baik. Kedua, Bentuk penerapan
manajemen mutu terpadu dalam meningkatkan kinerja guru di MTs Al-Falah
Dempo Barat Pasean Pamekasan terintegrasi dalam beberapa program,
diantaranya sebagai berikut, diantaranya program berbasis aplikasi yang bernama
SIM (sistem informasi manajemen), program SIFA (silaturrahim guru Al-Falah),
program pembinaan pembuatan perangkat pembelajaran, program Al-Falah Word.
Tidak tersedia versi lain