Text
OPTIMALISASI SUMBER DAYA GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM DI MTS AL-AMIEN 1 PRENDUAN
ABSTRAK
Mariyatul Qibtiyah, 2021, Optimalisasi Sumber Daya Guru Dalam Implemetasi Kurikulum DI MTs Al-Amien 1 Prenduan, Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah, Pembimbing Dr. H. Atiqullah, S.Ag, M.Pd.
Kata Kunci: Optimalisasi, Sumber Daya Guru, Implemetasi Kurikulum
Optimalisasi sumber daya guru disini adalah kegiatan yang dilakukan oleh lembaga pendidikan untuk meningkatkan atau mengoptimalkan potensi serta kualitas dari seorang guru dalam pelaksanaan proses pembelajaran pada penyelenggaraan pendidikan. sekolah sebagai lembaga pendidikan tentunya diperlukan proses optimalisasi pada kepala sekolah, tenaga pendidik dan tenaga kependidikan untuk meningkatkan kualitas lembaga pendidikan itu sendiri.
Ada dua fokus penelitian yang menjadi kajian utama dalam penelitian ini, yaitu yang pertama, bagaimana optimalisasi sumber daya guru dalam implementasi kurikulum di MTs Al-Amien 1 Prenduan ? dan yang kedua yaitu apa saja faktor yang perlu diperhatikan untuk mengoptimalkan sumber daya guru di MTs Al-Amien 1 Prenduan ?.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan jenisnya deskiptif. Data yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pertama, optimalisasi sumber daya guru di MTs Al-Amien 1 Prenduan bisa dikatakan baik, karena sekolah memberikan peluang pada seluruh guru untuk mengeluarkan pendapatnya masing-masing. Sekolah juga membuat rencana-rencana tertentu dalam pelaksanaan kegiatan tersebut untuk mengantisipasi faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kelancaran pelaksanaan kegiatan tersebut. Selain itu, setelah selesai pelaksanaan kegiatan tersebut. Guru sudah dituntut untuk lebih optimal dalam melasanakan tugasnya, terutama dalam perencanaan kurikulum, karena dalam hal ini, optimalisasi guru dilakukan agar guru mampu untuk berpartisipasi dalam perencanaan implementasi kurikulum. Kedua, faktor yang perlu diperhatikan untuk mengoptimalkan sumber daya guru di lembaga pendidikan MTs Al-Amien 1 Prenduan yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yaitu berupa waktu pelaksanaan kegiatan optimalisasi guru, sedangkan faktor eksternal yaitu berkaitan dengan pemateri dalam kegiatan optimalisasi untuk guru tersebut.
Tidak tersedia versi lain