Text
PENERAPAN METODE JIGSAW DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SDN PANGLEGUR I
ABSTRAK
Yuliantika, 2020. Penerapan Metode Jigsaw dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara pada
Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SDN Panglegur 1. Skripsi, Program Studi
Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Madura, Dosen
Pembimbing: Moh Hafid Effendy. M, Pd.
Kata Kunci: Metode Jigsaw, Pembelajaran Keterampilan Berbicara
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penerapan metode jigsaw dalam pembelajaran
keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas 1V SDN Panglegur 1.
Jigsaw dapat diartikan sebagai model pembelajaran yang menerapkan sistem pengelompokan atau
tim kecil, antara empat sampai enam orang yang mempunyai latar belakang yang beda untuk
bekerja sama sesama peserta didik dalam mengerjakan tugas-tugas yang terstruktur. Berbicara
sebagai suatu keterampilan berbahasa diperlukan untuk berbagai keperluan. Melalui pembelajaran
bahasa Indonesia siswa akan tau bagaimana cara berkomunikasi yang baik dan benar, oleh karena
itu timbul sebuah permasalahan yaitu, bagaimana perencanaan metode jigsaw dalam pembelajaran
keterampilan berbicara pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN Panglegur 1
Pamekasan, Bagaimana penerapan metode jigsaw dalam pembelajaran keterampilan berbicara
pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN Panglegur I dan Bagaimana hasil
evaluasi metode jigsaw dalam pembelajaran keterampilan berbicara pada mata pelajaran bahasa
Indonesia siswa kelas IV SDN Panglegur I ?
Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan metode jigsaw dalam
pembelajaran keterampilan pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas 1V SDN Panglegur 1,
untuk mengetahui penerapan metode jigsaw dalam pembelajaran keterampilan berbicara pada
mata pelajaran bahasa Indonesia kelas 1V SDN Panglegur 1 dan untuk mengetahui hasil evaluasi
penerapan metode jigsaw dalam pembelajaran keterampilan berbicara kelas 1 SDN Panglegur 1.
Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Adapun
prosedur pengumpulan datanya melalui wawancara, observasi dan dokumentasi, sedangkan tehnik
analisis datanya melalui reduksi data, penyajian data dan penarik kesimpulan yang di analisis
adalah data yang menggambarkan dua cara induktif dan deduktif. Sedangkan tehnik pengecekan
keabsahan datanya melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamat, triangulasi dan
uraian rinci.
Hasil penelitian ini adalah bahwa: pertama, (1) Guru telah menentukan tujuan belajar untuk
memudahkan siswa untuk memahami materi (2) Guru menyiapkan panduan belajar (4) Guru
membentuk tim siswa dan (5) Mendukung presentasi “para ahli” kedua, Penerapan kegiatan jigsaw
yaitu: menunjuk pakar siswa, mengumpulkan informasi, menyiapkan presentasi,
mempresentasikan kelompok lain dan evaluasi mendukung presentasi. Ketiga Hasil evaluasi
metode jigsaw yang dilakukan mengembangkan metode Jigsaw pada pengajaran bahasa Indonesia
di SDN Panglegur 1 menunjukkan, bahwa hasil belajar siswa menunjukkan peningkatan
pengetahuan untuk tes hasil belajar produk dan tes hasil belajar psikomotorik.
Tidak tersedia versi lain