Text
PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AL-QUR'AN HADIST KELAS V DI MI MIFTAHUL ANWAR
ABSTRAK
Layvi Lafifah, 2020, Peran Guru Dalam Meningkatkan prestasi belajar
pada mata pelajaran Al-Quran Hadist Kelas V di MI Miftahul Anwar, Skripsi,
Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah, IAIN
Madura, Pembimbing: Dr. H. Saiful Hadi. M.Pd
Kata Kunci : Prestasi pembelajaran Al-Qur’an Hadits
Prestasi belajar merupakan tingkat kemanusiaan yang memiliki siswa dalam
menerima, menolak dan menilai informasi-informasi yang diperoleh dalam proses
belajar mengajar. Prestasi belajar seseorang sesuai dengan tingkat keberhasilan
sesuatu dalam mempelajari materi pelajaran yang dinyatakan dalam bentuk nilai
atau raport setiap bidang studi telah mengalami proses belajar mengajar. Prestasi
belajar siswa dapat diketahui setelah diadakan evaluasi.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian
pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama,Bagaimana Peran Guru Dalam
Meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran Al-Quran Hadist Kelas V di
MI Miftahul Anwar; kedua, Apa sajakah faktor pendukung Peran Guru Dalam
Meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran Al-Quran Hadist Kelas V di
MI Miftahul Anwar; ketiga, apa saja faktor penghambat Peran Guru Dalam
Meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran Al-Quran Hadist Kelas V di
MI Miftahul Anwar.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan
dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini data primer dan sekunder, dengan
objek penelitian di MI Miftahul Anwar dengan informan yang diwawancarai
adalah kepala sekolah, guru Al-Qur’an Hadits kelas V dan siswa kelas V.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama,Peran guru adalah seseorang
yang memberikan ilmu di MI Miftahul Anwar seperti Peran Guru didalam Kelas;
1) Guru seabagai pengajar lebih menekankan pada tugas contohnya guru
memberikan pengajaran didalam kelas mengenai mata pelajaran Al-Qur’an Hadits
2)Guru sebagai pembimbing, guru melakukan kegiatan membimbing yaiu
membantu murid yang mengalami kesulitan saat pembelajaran. 3) Guru sebagai
pengelola kelas hendaknya mampu mengelola kelas sebagai lingkungan belajar
yang kondusif didalam kelas agar siswanya tidak ramai saat pembelajaran
berlangsung 4) Guru sebagai penasehat, guru itu adalah seorang penasehat bagi
peserta didik juga bagi orang tua.seperti halnya guru memberikan nasehat
terhadap siswanya agar siswanya tidak nakal didalam kelas. Kedua, ada beberapa
faktor pendukung dalam peran guru dalam meningkatkan prestasi belajar pada
mata pelajaran Al-Qur’an Hadits yaitu; 1) Adanya ekstrakurikuler keagamaan
(tahfid). 2) Dengan adanya kerjasama dari wali kelas. 3) SDM guru yang
memadai. Ketiga, ada beberapa faktor penghambat dalam meningkatkan prestasi
belajar pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits yaitu; 1) Adanya lingkungan yang
kurang mendukung terhadap siswa. 2) Kurangnya fasilitas belajar seperti (buku
siswa). 3) siswa yang tidak kondusif ketika guru menjelaskan pembalajaran yang
berlangsung.
Tidak tersedia versi lain