Text
PENGARUH MEDIA CERITA BERGAMBAR TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS I DAN II DI SDN POLAGAN 3 GALIS PAMEKASAN
ABSTRAK
Dewi Qurotul Ayunda, 2020, Pengaruh Media Cerita Bergambar Terhadap
Keterampilan Membaca Siswa Kelas I dan II di SDN Polagan 3 Galis
Pamekasan, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah,
Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Madura (IAIN), Dosen
Pembimbing: Moh. Fausi., S.Pd, M.Si.
Kata Kunci : Cerita Bergambar, Keterampilan Membaca.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh siwa yang kurang memiliki
kegemaran membaca. Siswa kurang membiasakan diri dalam kegiatan membaca.
Hal ini dikarenakan guru masih kurang dalam menggunakan media dalam
kegiatan membaca. Padahal membaca sangat penting bagi kehidupan manusia
karena semua pengetahuan tidak akan dapat dipisahkan dari kegiatan membaca.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada satu permasalahan yang menjadi kajian pokok
dalam penelitian ini yaitu bagaimana pengaruh media cerita bergambar terhadap
keterampilan membaca siswa kelas I dan II di sdn polagan 3 galis pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis
penelitian kolerasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis
statistik dengan rumus yang digunakan adalah product moment dan instrumen
penelitian yang digunakan yaitu angket, pedoman observasi, dan pedoman
dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, berdasarkan data-data
hasil penelitian tentang pengaruh media cerita bergambar terhadap keterampilan
membaca siswa kelas I dan II di sdn polagan 3 galis pamekasan lebih besar dari
“r” kerja tabel, yang menunjukkan bahwa nilai “r” kerja yakni 0,585 yang mana
nilai tersebut diperoleh dari data angket yang dihitung pada tabel persiapan untuk
mencari koefisien antara variabel x dengan variabel y yang menggunakan rumus
kolerasi product moment.
Untuk membuktikan diterima tidaknya hipotesis yang diajukan peneliti,
maka nilai “r” kerja dibandingkan dengan nilai “r” tabel. Diketahui nilai “r” tabel
pada n=37 terhadap interval kepercayaan 95% sebesar 0,325 dan 99% sebesar
0,418. Dari hasil analisis tersebut, maka hasil yang diperoleh nilai “r” kerja lebih
besar dari nilai “r” tabel product moment, maka dari hasil penelitian tersebut
dinyatakan ”ada pengaruh”. Sedangkan untuk besar pengaruh media cerita
bergambar terhadap keterampilan membaca siswa kelas I dan II di sdn polagan 3
galis pamekasan adalah “sedang atau cukup” hal tersebut diketahui berdasarkan
analisis data pada tabel interprestasi product moment yang menunjukan bahwa “r”
kerja 0,585 berada diantara 0,40-0,70. Dengan demikian besar pengaruhnya
adalah “sedang atau cukup”.
Tidak tersedia versi lain