Text
PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PKN KELAS 3 DI SDN DASOK I PADEMAWU PAMEKASAN
ABSTRAK
Nurun Niatun Nisa’, 2020, Pengaruh Pembelajaran Kooperatif terhadap Minat Belajar Siswa
pada Pembelajaran PKn Kelas 3 di SDN Dasok I Pademawu Pamekasan, Skripsi Fakultas
Tarbiyah, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Institut Agama Islam Negeri
Madura, Pembimbing: Dr. Siswanto, M. Pd. I.
Kata Kunci : Minat Belajar, pembelajaran kooperatif.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pada pembelajaran PKn peserta didik kurang
memerhatikan pada materi-materi tertentu dikarenakan membosankan dan kurang diamati oleh
peserta didik. Padahal pembelajaran pkn ini mengajarkan pancasila, rasa nasionalisme dan
bagaimana menjadi warga negara yang baik, dsb. Pemilihan model pembelajaran yang tepat
akan berguna untuk materi-materi yang kurang diminati oleh peserta didik.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam
penelitian ini yaitu: pertama, adakah pengaruh pembelajaran kooperatif terhadap minat belajar
siswa pada pembelajaran PKn kelas 3 Di SDN Dasok I Pademawu Pamekasan. Kedua,
seberapa besar pengaruh pembelajaran kooperatif terhadap minat belajar siswa pada
pembelajaran PKn kelas 3 Di SDN Dasok 1 Pademawu Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kolerasi.
Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik dengan rumus yang
diguanakan adalah product moment dan instrumen penelitan yang digunakan yaitu angket,
pedoman observasi, dan pedoman dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, berdasarkan data-data hasil penelitian
tentang pengaruh pembelajaran kooperatif terhadap minat belajar pkn di sdn dasok 1
pademawu lebih kecil dari “r” kerja tabel, yang menunjukkan bahwa nilai “r” kerja yakni 0.367
yang mana nilai tersebut diperoleh dari data angket yang dihitung pada tabel persiapan untuk
mencari koefisien antara variabel x dengan variabel y yang menggunakan rumus kolerasi
product moment.
Untuk membuktikan diterima tidaknya hipotesis yang diajukan peneliti, maka nilai
“r” kerja dibandingkan dengan nilai “r” tabel. Diketahui nilai “r” tabel pada n=15 terhadap
interval kepercayaan 95% sebesar 0.514 dan 99% sebesar 0.641. Dari hasil analisis tersebut,
maka hasil yang diperoleh nilai “r” kerja lebih kecil dari nilai “r” tabel product moment, maka
dari hasil penelitian tersebut dinyatakan ”tidak ada pengaruh”. Kedua, berdasarkan data-data
hasil penelitian tentang pembelajaran kooperatif terhadap minat belajar pada pembelajaran pkn
kelas 3 di sdn dasok 1 pademawu adalah “lemah atau rendah” hal tersebut diketahui
berdasarkan analisis data pada tabel interprestasi product moment yang menunjukan bahwa “r”
kerja 0.367 berada diantara 0.20-0.40. Dengan demikian besar pengaruhnya adalah “lemah atau
cukup”.
Tidak tersedia versi lain