Text
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PREFERENSI ANGGOTA DALAM MEMILIH SIMPANAN WADI'AH DI KOPERASI SUMBER ANYAR
ABSTRAK
Masruratul Arifainy, 2020, Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi
Preferensi Anggotadalam Memilih Simpanan Wadi’ah di Koperasi
Sumber Anyar, Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas
Ekonomi Dan Bisnis Islam, IAIN Madura, Pembimibing: Fatati
Nuryana, M.Si.
Kata Kunci: Faktor-Faktor, Preferensi Anggota
Di era perdagangan bebas perbankan syariah dituntut untuk mampu
memupuk keunggulan kompetitif masing-masing melalui upaya-upaya yang
kreatif, inovatif dan efisien. Tuntutan ini harus selalu menjadi perhatian lembaga
keuangan syariah, termasuk di dalamnya Koperasi Sumber Anyar melalui
beberapa faktor, yaitu faktor pelayanan, faktor produk, faktor tempat dan faktor
promosi Koperasi diharapkan mampu memupuk keunggulan kompetitif.Koperasi
Sumber Anyar (KSA) merupakan unit simpan pinjam pembiayaan syariah yang
merupakan sistem funding dan landing sesuai dengan konsep konsep
syariah.Tujuan dari penelitian ini adalah peneliti ingin menegethui seberapa besar
pengaruh faktor pelayanan, produk, tempat/lokasi dan promosi terhadap preferensi
nasabah dalam memilih tabungan wadi’ah di Koperasi Sumber Anyar.
Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi
penelitian ini yaitu seluruh anggota tabungan wadi’ah di Koperasi Sumber Anyar,
dan ukuran sampel diambil berdasarkan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan
10%, sampel dalam penelitian ini berjumlah 82 responden. Teknik analisa dalam
penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda.
Hasil perhitungan secara simultan diperoleh pelayanan (X1), produk (X2),
tempat (X3), promosi (X4)mempunyai nilai signifikan 0,000 nilai Ftabel 2,72.Maka, dapat dinyatakan bahwa faktor-fakor
(pelayanan, produk, tenpat dan promosi) secara bersama-sama berpengaruh
signifikan terhadap preferensi anggota (Y) dalam memilih simpanan wadi’ah di
Koperasi Sumber Anyar. Nilai adjusted R square diperolehsebesar 0,992 atau
99,2%. Artinya variabel preferensi anggota dapat dijelaskan atau dipengaruhi oleh
variabel pelayanan, produk, tempat dan promosi sebesar 99,2% dan sisanya
sebesar 0,8% dijelaskan oleh variabel lain diluar variabel penelitian ini. Sedangkan hasil uji parsial, variabel pelayanan mempunyai nilai thitung sebesar
2,634 < nilai ttable 1,990, dan taraf signifikansi sebesar 0,010 nilai ttabel 1,990, dan taraf
signifikansi sebesar 0,028< 0,05, yang berarti variabel produk berpengaruh
signifikan terhadap preferensi anggota. Variabel tempat mempunyai nilai thitung
sebesar 2,687 > nilai ttabel1,990, dan taraf signifikansi sebesar 0,009< 0,05, yang
berarti variabel tempat berpengaruh signifikan terhadap preferensi anggota. Dan
Variabel promosi mempunyai nilai thitung sebesar 2,848 >nilai ttabel1,990, dan taraf
signifikansi sebesar 0,006< 0,05, yang berarti variabel promosi berpengaruh
signifikan terhadap preferensi anggota. Sehingga faktor yang paling berpengaruh
terhadap preferensi anggota dalam memilih simpananwadi’ah yaitu faktor
promosi.
Tidak tersedia versi lain