Text
PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM MENGATIFKAN SISWI BELAJAR IPS DI MTS AL -AMIEN TEGAL PUTRI PRENDUAN
ABSTRAK
Dania Fairus 2020. Penerapan Pendekatan Saintifik Dalam Mengaktifkan Siswi Belajar
IPS di MTs Al-Amien Tegal Putri Prenduan, Skripsi. Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan
Sosial. Jurusan Tarbiyah. IAIN MADURA, pembimbing Sukron Romadhan,M.Si
Kata Kunci :Pendidikan, PendekatanSaintifik, BelajarAktif.
Pendidikan adalah suatu kegiatan yang produktif, maka keberhasilan dari proses
pendidikan dapat di pengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya adalah pendidik atau guru.
Dalam kurikulum 2013 kegiatan pembelajaran di arahkan untuk memberdayakan semua potensi
yang di miliki siswi agar mereka memiliki kompetensi yang diharapkan. Pendekatan Saintifik
sangat efektif jika digunakan kepada peserta didik karna konsep dasar yang sangat mewadahi,
menginspirasi, menguatkan dan melatari pemikiran tentang bagaimana metode pembelajaran
diterapkan berdasarkan teori tertentu.
Berdasarkan konteks penelitian, maka ada beberapa penelitian yang dapat di ajukan
dalam penelitian ini yaitu ada tiga titik focus penelitian, yaitu : 1) Bagaimana Perencanaan
pembelajaran IPS yang menggunakan Pendekatan Saintifik di MTs Al-Amien Tegal Putri
Prenduan. 2) Bagaimana Penerapan Pendekatan Saintifik untuk Pembelajaran IPS di MTs AlAmien Tegal Putri Prenduan, 3) Bagaimana Dampak Penerapan Pendekatan Saintifik Terhadap
Keaktifan Siswi Pada Mata Pelajaran IPS di MTs Al-Amien Tegal Putri Prenduan.
Metode penelitian yang digunakan adalah Deskriptif Kualitatif, deskriptif kualitatif
merupakan penelitian yang menggambarkan keadaan secara naratif kualitatif. Pendekatan ini
merupakan pendekatan yang paling sederhana di bandingkan dengan penelitian-penelitian yang
lain. Adapun prosedur pengumpulan datanya yaitu dengan cara Wawancara, Observasi,
Dokumentasi.
Penerapan Pendekatan Saintifik mengahsilkan hasil yang maksimal karena siswi MTs AlAmien Tegal Putri sangat aktif dan sangat antusias dalam mengikuti proses belajar mengajar di
kelas maupun di luar kelas, banyak metode yang digunakan oleh guru salah satunya yaitu metode
belajar kelompok, diskusi atau rool playing
Tidak tersedia versi lain