Text
PERAN GURU ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) DALAM MENINGKATKAN SIKAP NASIONALISME SISWA KELAS VIII DI SMOI TERPADU SIDING PURIH POREH LENTENG SUMENEP
ABSTRAK
Abdul Halim, 2020, Peran Guru Ilmu Pengetahuan Sosial (Ips) Dalam
Meningkatkan Sikap Nasionalisme Siswa Kelas Viii Di Smpi Terpadu Siding Puri
Poreh Lenteng Sumenep ,Skripsi, Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial,
Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Madura, Pembimbing: Siti
Azizah,M.Pd
Kata Kunci: Pengertian Guru, Peran Guru IPS, Nasionalisme.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap nasionalisme siswa
disekolah SMPI Terpadu Siding Puri, yang dimana pada era sekarang sikap
nasionalisme remaja sekarang hususnya para pelajar itu sangat kurang sekali
artinya rasa juang atau rasa kepemilikan terhadap negeri ini sudah sangat
menurun, contohnya sekarang banyak siswa tauran, dan lebih suka produk negara
lain dibandingkan negaranya sendiri, sering telat masuk kelas.
Ada tiga fokus penelitian yang menjadi kajian utama penelitian ini, yaitu:
Berdasarkan pada latar belakang masalah di atas, maka yang menjadi
permasalahan adalah: 1). Bagaimana Sikap Nasionalisme Siswa Kelas VIII SMPI
Terpadu Siding Puri Poreh Lenteng Sumenep.? 2). Bagaimana Peran Guru IPS
Dalam Meningkatkan Sikap Nasionalisme Siswa Kelas VIII SMPI Terpadu
Siding Puri Poreh Lenteng Sumenep.? 3). Bagaimana Kendala Kendala Guru IPS
Dalam Meningkatkan Sikap Nasionalisme Siswa Kelas VIII SMPI Terpadu
Siding Puri Poreh Lenteng Sumenep?.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah
deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan
dokumentasi. Analisis data dengan melakukan Reduksi Data, Penyajian Data dan
Penarikan Kesimpulan/Verifikasi. Data yang diperoleh di cek keabsahan datanya
dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan peneliti dan trianggulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, mengetahui bagaimana
sikap nasionalisme siswa kelas VIII SMPI Terpadu Siding Puri, yaitu sikap
nasionalisme yang dimiliki oleh siswa kelasa VIII itu sudah sesuai dengan apa
yang diajarkan oleh guru IPSnya baik didalam kelas maupun diluar kelas didalam
kelas siswa sebelum pelajaran dimulai siswa menyanyikan lagu kebangsaan
indonesia raya dan disiplin tidak terlambat masuk kelas. Kedua, mengetahui peran
guru IPS dalam meningkatkan sikap nasionalisme siswa kelas VIII di SMPI
Terpadu Siding Puri Poreh Lenteng Sumenep, yaitu yaitu guru IPS memiliki cara
dalam melakukannya perannya adapun caranya yaitu sebelum pembelajaran guru
IPS menyuruh siswa menyanyikan lagu indonesia raya. Ketiga, kendala guru IPS
dalam meningkatkan sikap nasionalisme di SMPI Terpadu Siding Puri Poreh
Lenteng Sumenep, yaitu Guru IPS dalam meningkatkan sikap nasionalisme itu
tidak ada kendala semua yang diterapkan oleh guru IPS itu dilakukan dan
dikerjakan oleh siswanya, contohnya saat pembelajaran siswa semua
menyanyikan lagu indonesia raya semua siswa kompak dan ketika melakukan
kegiatan upacara semua siswa tidak bicara sendiri.
Tidak tersedia versi lain