Text
UPAYA PONDOK PESANTREN DALAM MEMOTIVASI MINAT BELAJAR SANTRI DI PONDOK PESANTREN AN-NUQOYAH WILAYAH LATEE GULUK -GULUK SUMENEP
ABSTRAK
Farhan Ainurrasyid, 2020, Upaya Pondok Pesantren Dalam Memotivasi Minat
Belajar Santri Di Pondok Pesantren Annuqayah Wilayah Latee Guluk-Guluk
Sumenep, Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN
Madura, Pembimbing Dr. H. Zainuddin Syarif M.Pd.
Kata Kunci : Upaya Pondok Pesantren, Motivasi Minat Belajar
Upaya merupakan usaha ataupun ikhtiar untuk memecahkan suatu persoalan
untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Suatu upaya dalam konteks pendidikan
mengarah kepada hal yang lebih spesifik, yakni perencanaan yang berisi serangkaian
kegiatan untuk mencapai tujuan pendidikan. Untuk meningkatkan motivasi minat
belajar dibutuhkannya iktiar atau upaya yang maksimal agar tujuan yang di inginkan
tercapai. Dalam hal ini, tentu dibutuhkannya upaya untuk meningkatkan motivasi
minat belajar santri di pondok pesantren Annuqayah wilayah Latee Guluk-Guluk
Sumenep.
Berdasarkan hal tersebut, maka fokus penelitian ini, yaitu : pertama, strategi
pondok pesantren dalam meningkatkan motivasi minat belajar santri; kedua, faktor
penghambat pondok pesantren dalam meningkatkan motivasi minat belajar santri;
ketiga, faktor pendukung pondok pesantren dalam meningkatkan motivasi minat
belajar santri.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Lokasi penelitian ialah pondok pesantren Annuqayah wilayah Latee GulukGuluk Sumenep. Penelitian ini diperoleh melalui wawancara, observasi dan
dokumentasi. Sumber datanya adalah ketua pengurus, ustadz, santri dan wali santri.
Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui triangulasi yang
memanfaatkan penggunaan sumber dan metode. Adapaun tahap penelitian ini adalah
tahap pra lapangan, tahap pekerjaan lapangan, dan tahap analisis data dan penyusunan
laporan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, srategi pondok pesantren
dalam meningkatkan motivasi minat belajar santri di pondok pesantren Annuqayah
wilayah Latee Guluk-Guluk Sumenep berupa a) memberikan bimbingan personal dan
kolektif, b) memberikan sanksi, c) menumbuhkan minat belajar dengan metode
mengajar yang bervariasi, d) memberikan tugas, e) pemberian reward. Kedua, faktor
penghambat pondok pesantren dalam meningkatkan motivasi minat belajar santri di
pondok pesantren Annuqayah wilayah Latee Guluk-Guluk Sumenep ialah: a)
berbedanya kemampuan dan minat belajar santri, b) guru yang kurang kreatif dalam
mengolah kelas, c) kurangnya minat belajar. Ketiga, faktor pendukung pondok
pesantren dalam meningkatkan motivasi minat belajar santri di pondok pesantren
Annuqayah wilayah Latee Guluk-Guluk Sumenep yaitu: a) adanya kerja sama yang
baik antar guru, b) santri dan pengurus dalam satu kompleks, c) adanya motivasi dari
orang tua.
Tidak tersedia versi lain