Text
PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN SELF KONTROL SISWA DI SMK AL-HUSEN TANJUNG PADEMAWU PAMEKASAN
ABSTRAK
Syaifur Rahaman, 2020, Pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Meingkatkan Self kontrol Siswa di SMK Al-Husen Tanjung Pademawu Pamekasan, Skripsi, Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah, Pembimbing: Drs. H.Saiful Arif. M. Pd. Kata Kunci: Layanan Bimbingan kelompok, Self Kontrol, Siswa
Layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan Self Kontrol siswa menjadi hal penting dalam sebuah perkembangan teori yang ada di sekolah. Peneliti mengangkat judul tersebut karena ingin mengetahui seberapa penting Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Meingkatkan Self Kontrol Siswa di SMK Al-Husen Tanjung Pademawu Pamekasan. Dalam penelitian ini terdapat 3 fokus penelitian Pertama, Bagaimana pelaksanaan bimbingan kelompok dalam Meningkatkan Self Kontrol Siswa di SMK AL-Husen, Tanjung, Pademawu, Pamekasan. Kedua, Apa saja faktor pendukung dalam pelaksanaan layanan Bimbingan Kelompok Dalam Meningkatkan Self Kontrol Siswa di SMK AL-Husen Tanjung Pademawu Pamekasan. Ketiga, Apa saja faktor penghambat dalam pelaksanaan layanan Bimbingan Kelompok Dalam Meningkatkan Self Kontrol Siswa di SMK ALHusen, Tanjung, Pademawu, Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dan berjenis penelitian kualitatif. Metode yang dipakai yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Langkah yang digunakan dalam menganalisis data dengan reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk mengecek keabsahan data peneliti menggunakan cara perpanjangan waktu penelitian, ketekunan pengamatan dan triangulasi sumber dan metode. Pertama, ada 5 tahapan yaitu: (1) Guru BK memberikan bimbingan kelompok kepada siswa yang sering melanggar peraturan di sekolah seperti halnya prilaku agresif dan merokok dilingkungan sekolah. (2) Guru BK memberikan bimbingan kelompok dengan menggunakan pendekatan untuk membangun hubungan baik dengan siswa yang sering melanggar peraturan sekolah tersebut.(3) Guru BK memberikan treatmen menggunakan Self Kontrol terhadap siswa yang sering melanggar peraturan di sekolah.(4) Guru BK memberikan bimbingan kelompok dengan beberapa pertemuan pertama menggunakan identifikasi untuk mengetahui informasi megenai prilaku-prilaku agresif. 5) Guru BK memberikan pertanyaan dan penyelesaian terhadap masalah siswa.Keedua, faktor pendukung dalam pelaksanaan layanan Bimbingan Kelompok Dalam Meningkatkan Self Kontrol Siswa di SMK AL-Husen, Tanjung, Pademawu, Pamekasan.1) Kepala sekolah yang selalu memdukung dengan adanya pelaksanaan bimbingan kelompok dalam meningkatkan Self kontrol.2) Guru mata pelajaran ikut berprestasi dalam meningkatkan Self kontrol siswa.3) Faktor ketersediaan dari siswa ketika dibimbing yang menyebabkan siswa tidak merasa takut ketika dibimbing oleh guru BK. Ketiga, tentang faktor penghambat dalam pelaksanaan layanan Bimbingan Kelompok Dalam Meningkatkan Self Kontrol Siswa di SMK ALHusen, Tanjung, Pademawu, Pamekasan.1) Kurang terbukanya konseli atau siswa terhadap masalah yang dihadapi.2) Tidak adanya ruangan khusus saat melakukan bimbingan kelompok.
Tidak tersedia versi lain