Text
PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE KNOWLEDGE SHARING DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS III MI MATHALIUL ULUM I
ABSTRAK
Hoti`ah, 2019, Penerapan Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing dalam Meningkatkan Partisipasi dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq Kelas III MI Mathaliul Ulum I Malangan. Pembimbing: Heni Lestiana, M.Pd.
Kata Kunci : Pembelajaran Active Knowledge Sharing, Partisipasi Belajar Aqidah Akhlak Siswa
Memperhatikan hasil refleksi awal atau pra-siklus pada siswa kelas 3 MI Mathaliul Ulum I Malangan Pademawu, yaitu rendahnya partisipasi dan hasil belajar mata pelajaran Aqidah Akhlaq, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan Penerapan Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan Partisipasi dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq Kelas III MI Mathaliul Ulum I Malangan
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini: pertama, bagaimana Penerapan Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing dalam Meningkatkan Partisipasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq Kelas III MI Mathaliul Ulum I Malangan; kedua, bagaimana Hasil Penerapan Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing dalam Meningkatkan Partisipasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq Kelas III MI Mathaliul Ulum I Malangan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri dari: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan, dan 4) refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan nontes dan tes. Teknik analisis data menggunakan lembar observasi dan soal-soal tes. Teknik analisis data menggunakan teknik kualitatif deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing dapat Meningkatkan Partisipasi dan Hasil Belajar Siswa. Persentase partisipasi siswa secara klasikal pada siklus I mendapat kategori “Kurang Aktif”, pada siklus II mengalami peningkatan peningkatan menjadi “Aktif”. Hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I termasuk dalam kategori “Kurang Baik”, dan pada siklus II meningkat menjadi “Sangat Baik”.
Tidak tersedia versi lain