Text
PEMBIASAAN MEMBACA AL-QUR'AN PRA PEMBELAJARAN PAI DALAM MENINGKATKAN KEIMANAN SISWA KELAS VIII A DI SMP NEGERI 7 PAMEKASAN
ABSTRAK
Moh. Faizol, 2020, Pembiasaan Membaca Al-Qur’an Pra Pembelajaran PAI
dalam Meningkatkan Keimanan Siswa Kelas VIII A di SMP Negeri 7 Pamekasan,
Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam , Fakultas Tarbiyah, Pembimbing:
Ainul Yaqin, M.A
Kata kunci: Membaca Al-Qur’an, Keimanan.
Pendidikan merupakan salah satu langkah dalam pengembangan sumber
daya manusia, untuk menjadikan karakter dan pemikiran mereka menjadi lebih
baik sebelumnya. Pendidikan juga diartikan sebagai proses pengubahan sikap dan
perilaku seseorang atau kelompok dalam usaha mendewasakan manusia melalui
upaya pengajaran dan penelitian; proses, cara, perbuatan. Dalam suatu sistem
pendidikan, pendidikan harus memiliki nilai-nilai relegius dalam berbagai aspek,
baik aspek kognitif, afektif dan aspek psikomotorik. Hal ini akan menunjang
keselarasan antara sistem pendidikan dan juga tujuan pendidikan dalam
membentuk peserta didik yang tidak hanya mengedepankan kecerdasan akan
tetapi juga dengan akhlakul karimah dan masalah aqidahnya.
Adapun penelitian ini memiliki tiga fokus penelitian yang menjadi
pembahasan pokok dalam skripsi yang berjudul pembiasaan membaca al-Qur’an
pra pembelajaran PAI dalam meningkatkan keimanan siswa kelas VIII A di SMP
Negeri 7 Pamekasan, adapun fokus penelitian tersebut sebagai berikut: Pertama,
bagaimana pelaksanaan pembiasaan membaca al-Qur’an pra pembelajaran PAI
dalam meningkatkan keimanan siswa kelas VIII A di SMP Negeri 7 Pamekasan.
Kedua, apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan
pembiasaan membaca al-Qur’an pra pembelajaran PAI dalam meningkatkan
keimanan siswa kelas VIII A di SMP Negeri 7 Pamekasan. Ketiga, bagaimana
keberhasilan dari pelaksanaan pembiasaan membaca al-Qur’an pra pembelajaran
PAI dalam meningkatkan keimanan siswa kelas VIII A di SMP Negeri 7
Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
inkuiri naturalistik. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara semi
terstruktur, observasi tidak ikut berperan serta dan dokumentasi. Yang menjadi
informan adalah kepala sekolah, guru, peserta didik, wali murid. Sedangkan
pengecekan keabsahan data dilakukan melalui triagulasi sumber dan metode
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pembiasaan membaca al-Qur’an pra
pembelajaran PAI dalam meningkatkan keimanan siswa kelas VIII A di SMP
Negeri 7 Pamekasan yang telah di laksanakan sebagai berikut: 1) membaca alQur’an pra pembelajaran PAI melalui pesan suara yang kemudian dikirimkan ke
grup pembelajaran daring PAI kelas VIII A di SMP Negeri 7 Pamekasan 2) sistem
pembelajaran daring 3) pengaruh orang tua 4) pengaruh sarana prasarana.
Tidak tersedia versi lain