Text
ANALISIS KUALITAS DAN DESAIN PRODUK DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS KONSUMEN DI MEUBEL JATI JAYA DESA PAMAROH KECAMATAN KADUR KABUPATEN PAMEKASAN
ABSTRAK
Fikriadi, 2020, Analisis Kualitas Dan Desain Produk Dalam Meningkatkan
Loyalitas Konsumen Di Meubel Jati Jaya Desa Pamaroh Kecamatan Kadur
Kabupaten Pamekasan”, Skripsi, Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas
Ekonomi Dan Bisnis Islam, IAIN Madura, Pembimbing: Fahrurrozi, M.E.I
Kata Kunci: Analisis Kualitas dan Desain Produk, Usaha Meubel, Loyalitas
Pelanggan
Mebel adalah perabot yang terbuat dari bahan utama kayu yang dapat
dipindah-pindah dan berguna untuk menunjang aktivitas kehidupan sehari-hari,
seperti meja, kursi, lemari dan lain-lain yang digunakan untuk melengkapi
kebutuhan sebuah ruangan. Dalam usaha mebel hal yang harus diperhatikan untuk
dapat membuat pelanggan loyal diantaranya memperhatikan kualitas dan desain
produk mebel. Kualitas dan desain produk harus disesuaikan dengan dengan
kebutuhan pelanggan karena kualitas dan desain akan menjadi pertimbangan
pertama ketika seseorang memutuskan pembelian.
Adapun fokus penelitian ini adalah. Pertama, bagaimana analisis kualitas
dan desain produk dalam meningkatkan loyalitas konsumen di meubel Jati Jaya
Desa Pamaroh Kecamatan Kadur Kabupaten Pamekasan. Kedua, hambatan dalam
menarik pelanggan baru dan untuk mengembalikan pelanggan lama, ketika ada
kerusakan mesin, padam, dan bahan baku, pada Meubel Jati Jaya di Desa
Pamaroh Kecamatan Kadur kabupaten Pamekasan, peneliti ini menggunakan
wawancara, observasin, dan dokumentasi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif.
Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan
pada penelitian ini adalah pemilik, pekerja dan konsumen Meubel Jati Jaya.
Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui triangulasi.
Penelitian ini menghasilkan sebuah kesimpulan. Pertama, Analisis Kualitas
Dan Desain Produk Dalam Meningkatkan Loyalitas Konsumen Di Meubel Jati
Jaya Desa Pamaroh Kecamatan Kadur Kabupaten Pamekasan sebab dengan
memperhatikan kualitas dan desain produk mebel maka dapat membuat konsumen
loyal untuk melakukan transaksi kembali. Meliputi Performance, Features,
realibility, conformance to specifications, Durability, perceifed Quality, Service
Ability, Asthetics. Kedua, hambatan dalam menarik pelanggan baru pada Meubel
Jati Jaya di Desa Pamaroh Kecamatan Kadur kabupaten Pamekasan yaitu
rusaknya mesin, padam, dan bahan baku yang disebut hambatan kerja dalam
usaha
Tidak tersedia versi lain