Text
PENGEMBANGAN USAHA EKONOMI KREATIF MELALUI INOVASI PADA HOME INDUSTRI GERABAH DENGAN METODE ANALISIS SWOT DI DESA SUMEDANGAN KECAMATAN PADEMAWU KABUPATEN PAMEKASAN
ABSTRAK
Halimatus Sakdiyah, 2020, “Pengembangan Usaha Ekonomi Kreatif Melalui
Inovasi Pada Home Industri Gerabah Dengan Metode Analisis SWOT
di Desa Sumedangan Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan”.
Skripsi Prodi Ekonomi Syariah, Fakultas dan Bisnis Islam .
Pembimbing: DR. Faradilla Kutsiyah, S. Pt, MP.
Kata kunci: Pengembangan Usaha, Ekonomi Kreatif, Inovasi, Home Industri,
Analisis SWOT.
Ekonomi kreatif membawa ide mengenai industri kreatif, industri
kebudayaan, kota yang kreatif, kelompok dan kelas kreatif. Dalam sebuah usaha
bisnis, strategi harus disusun agar dapat menjadi pedoman dalam merumuskan,
melaksanakan dan memantau tingkat keberhasilan program-program serta
kegiatan yang sudah dan akan dilakukan berdasarkan kriteria atau tolak ukur
keberhasilan yang ditetapkan. Semua program dan kegiatan tersebut berasal dari
penjabaran visi dan misi yang jelas dan terukur. Berdasarkan penjabaran visi dan
misi tersebut, dilakukan pendekatan secara ilmiah yaitu menggunakan model
perencanaan strategi analisis SWOT.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian
pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama bagaimana analisis SWOT pada home
industri gerabah di Desa Sumedangan Kecamatan Pademawu Kabupaten
Pamekasan; kedua apa saja strategi yang digunakan untuk mengembangkan home
industri gerabah di Desa Sumedangan Kecamatan Pademawu Kabupaten
Pamekasan dan ketiga apa saja inovasi yang digunakan untuk mengembangkan
home industri gerabah di Desa Sumedangan Kecamatan Pademawu Kabupaten
Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode desktiptif.
Sumber data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan
pada penelitian ini adalah pengrajin usaha home industri gerabah. Sedangkan
pengecekan keabsahan data dilakukan melalui triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama hasil analisis SWOT pada
home industri gerabah tersebut yaitu bahwa posisi home industri gerabah terletak
pada kuadran ke II yaitu meskipun usaha tersebut menghadapi berbagai ancaman,
namun usahanya masih memiliki kekuatan untuk tetap melanjutkan usahanya
supaya lebih berkembang dan maju kedepannya. Kedua strategi yang digunakan
dalam usaha home industri gerabah ialah strategi ST karena strategi tersebut
digunakan untuk memanfaatkan kekuatan yang dimiliki perusahaan untuk
mengatasi ancaman yang ada pada usaha tersebut. Dengan cara melakukan
diversifikasi atau penambahan produk baru baik dari segi bentuk, ukuran,
maupun lainnya. Dan ketiga ialah tipe inovasi yang digunakan dalam usaha home
industri gerabah ialah inovasi synthesis karena melakukan sebuah kombinasi
dalam produk, jasa atau proses yang sudah ada dengan menambahkan formulasi
baru sehingga hasil produk yang diperoleh memiliki kemampuan daya saing yang
lebih tinggi
Tidak tersedia versi lain