Text
KOMPETENSI PROFESIONAL GURU SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DALAM MENGELOLA KELAS DI IPS IV MA SUMBER BUNGUR PAKONG PAMEKASAN
ABSTRAK
Sitti Khoyyiroh, 2020, Kompetensi Profesional Guru Sejarah Kebudayaan Islam
dalam Mengelola Kelas di IPS IV MA Sumber Bungur Pakong Pamekasan.
Pembimbing. Dr. Abd. Mukhid, M.Pd
Kata kunci: Kompetensi profesional, Sejarah kebudayaan islam, Mengelola kelas
Kompetensi profesional adalah kemampuan penguasaan materi
pembelajaran secara luas dan mendalam yang memungkinkannya membimbing
peserta didik memenuhi standar kompetensi yang ditetapkan dalam standar
kompetensi pendidikan.
Berdasarkan hal tersebut, ada dua pokok permasalahan yang akan menjadi
kajian dalam penelitian ini, yaitu: pertama, Bagaimana Kompetensi Profesional
Guru SKI dalam Mengelola Kelas di IPS IV MA Sumber Bungur Pakong
Pamekasan. kedua, Apa Saja Faktor Pendukung Kompetensi Profesional Guru
SKI dalam Mengelola Kelas di IPS IV MA Sumber Bungur Pakong Pamekasan.
ketiga. Apa Saja Faktor Penghambat Kompetensi Profesional Guru SKI dalam
Mengelola Kelas di IPS IV MA Sumber Bungur Pakong Pamekasan.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian
kualitatif deskriptif. Informannya adalah kepala sekolah, pendidik dan peserta
didik. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi,
wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa: Pertama,
Kompetensi profesional adalah kemampuan penguasaan materi pembelajaran
secara luas dan mendalam yang memungkinkannya membimbing peserta didik
memenuhi standar kompetensi yang ditetapkan dalam standar kompetensi
pendidikan. Adapun gambaran kompetensi profesional guru pendidikan agama
Islam di MA Sumber Bungur tepatnya di IPS IV: 1. Guru sudah menyampaikan
materi dengan baik. 2. Guru memberikan landasan untuk memperkuat materi. 3.
Guru membawa refrensi lain. 4. Guru juga menyiapkan slet yang berisi materi
dengan referensi yang berbeda. 5. Guru menggunakan metode dengan baik di
sesuaikan dengan materi. Kedua, Faktor pendukung kompetensi profesional guru
SKI dalam mengelola kelas ada banyak faktor pendukung yaitu mengusai materi
yang akan disampaikannnya, banyaknya referensi yang di baca, lengkapnya
sarana dan prasarana yang memadai, penggunaan metode pembelajaran yang
bervariasi yang disesuaikan dengan materi, pendekatan individu pada siswa.
Ketiga, Faktor penghambat kompetensi profesional guru sejarah kebudayaan
islam dalam mengelola kelas yaitu kurangnya pemahaman mengenai materi, kelas
yang sering ramai karena siswa bicara sendiri, ada juga siswa yang ngantuk dan
ada yang keluar kelas tanpa alasan yang jelas sehingga siswa yang lain menegur
jadinya kelas ramai atau tidak kondusif
Tidak tersedia versi lain