Text
STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU UNTUK BAKAT DAN MINAT SISWA DI SMAN 4 PAMEKASAN
ABSTRAK
NurLail atil Fajariyeh, 2020,“Strategi Kepal a Sekol ah Dal am Meningkatkan
Kompetensi Pedagogik Guru Untuk Membina Bakat Dan Minat Siswa Di
SMAN 4 Pamekasan”,Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan I sl am,
Fakul tas Tarbiyah, Pembimbing Dr. Edi Susanto, M. Fil . I .
Kata Kunci :Strategi, Kompetensi Pedagogik, Bakat Dan Minat Siswa
Kepal a sekol ah merupakan faktor penting dal am suatu l embaga,
karena kepal a sekol ah kepal a sekol ah memegang peranan tertinggi
dal am mel etakkan pondasi pendidikan bagi pengel ol aan dan
pengembangan sumber daya manusia di l embaganya. Kepal a sekol ah
dapat memengaruhi bawahannya yang berada di l ingkungan pendidikan
pada situasi tertentu agar mereka mau bekerja sama dan mau bekerja
dengan penuh tanggung jawab dan ikhl as demi tercapainya tujuan
pendidikan yang tel ah ditetapkan dal am suatu l embaga pendidikan
tersebut.
Kepal a sekol ah juga harus meningkatkan kinerja dan kompetensi
para bawahannya (Guru) terutama kompetensi pedagogik. Kepal a sekol ah
harus memil iki strategi untuk itu, dan stretegi bisa dengan mel akukan
perencanaan, mel akukan supervisi baru kemudian mengeval uasi.
Berdasarkan paparan tersebut, ada dua pokok permasal ahan yang
akan menjadi kajian dal am penel itian ini, yaitu: Pertama, Bagaimana
Strategi Kepal a Sekol ah Dal am Meningkatkan Kompetensi Pedagogik
Guru Untuk Membina Bakat dan Minat Siswa di SMA Negeri 4 Pamekasan.
Kedua, Bagaimana kendal a dari Staregi Kepal a Sekol ah Dal am
Meningkatkan Kompetensi Pedagogik GuruUntuk Membina Bakat dan
Minat Siswa di SMA Negeri 4 Pamekasan.
Penel iti dal am mel akukan penel itian ini menggunakan pendekatan
kual itatif deskriptif. Sumber data yang diperol eh ol eh penel iti berupa
wawancara (semi standar) kepada pihak yang bersangkutan, observasi
(tidak l angsung) dan dokumentasi, dengan informan Waka Kurikul um dan
Kordinator BK. Sedangkan untuk pengecekan keabsahannya mel al ui
triangul asi sumber dan triangul asi metode.
Hasil penel itian yang tel ah dil akukan menunjukkan bahwa: Pertama,
Kepal a sekol ah dal am meningkatkan kompetensi pedagogik guru dengan
mel akukan perencanaan, supervise dan mengeval uasinya dengan cara
memasuki setiap kel as untuk mengetahui bagaimana guru membuka dan
menutup pel ajaran dan bagaimana guru tersebut mengajar di dal am kel as,
mengenai hal itu dal am meningkatkan kompetensi pedagogik guru yaitu
kepal a sekol ah merekomendasikan guru untuk mengikut sertakan
muridnya kedal am ekstrakurikul er yang ada di sekol ah. Kedua, faktor
pendukungnya adal ah gurunya yang sel al u siap dan semangat jika harus
ada eval uasi dari kepal a sekol ah, dan faktor pendukung untuk guru dal am
membina muridnya adal ah wal i muridnya yang mengizinkan anaknya
mengikuti berbagai arahan dari guru untuk masuk kedal am
ekstrakurikul er yang mereka minati. Sedangkan untuk faktor
Tidak tersedia versi lain