Text
PEMBINAAN MOTIVASI KERJA TENAGA KEPENDIDIKAN DALAM MENYELESAIKAN TUGAS ADMINISTRASI SEKOLAH DI SMK EL MUSTHOFA WARU PAMEKASAN
ABSTRAK
Khomaidi, 2020. Pembinaan Motivasi Kerja Tenaga Kependidikan Dalam
Menyelesaikan Tugas Administrasi Sekolah di SMK EL Musthofa Waru Pamekasan
Tugas Akhir. Prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI). Jurusan Tarbiyah. Institut
Agama Islam Negeri Madura. Pembimbing: Akh. Syaiful Rijal, S. Th.I, M.Pd.I
Kata Kunci : Motivasi Kerja, Tugas Administrasi Sekolah .
Pembinaan Motivasi Kerja Tenaga Kependidikan merupakan seluruh proses
serangkaian kegiatan yang direncanakan dan diusahakan secara sengaja oleh kepala
sekolah dengan harapan dengan adanya kegiatan pembinaan motivasi kerja dapat
menumbuhkan semangat etos serta kreatif kerja tenaga kependidik dengan adanya
pembinaan motivasi kerja dapat berdampak positif pada sekolah.
Berdasarkan hal tersebut peneliti menfokuskan pada dua masalah, pertama
Bagaimana perencanaan serta pelaksanaan motivasi kerja Tenaga Kependidikan di
SMK EL Musthofa Waru Pamekasan? kedua bagaimana pelaksanaan dari pembinaan
motivasi kerja Tenaga Kependidikan dalam menyelesaikan tugas administrasi sekolah
di SMK EL Musthofa Waru Pamekasan ketiga Apa saja faktor pendukung dan faktor
penghambat dari pembinaan motivasi kerja Tenaga Kependidikan dalam
menyelesaikan tugas administrasi sekolah di SMK EL Musthofa Waru Pamekasan?
Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif dengan jenis deskriptif. Dan
sumber data yang diperoleh melalui wawancara terstruktur, observasi dan
dokumentasi. Informasinya adalah kepala sekolah, Tata usaha, waka kurikulum, waka
kesiswaan waka sarana dan prasarana dan bimbingan konseling.
Penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa merencanakan empat
cara, Pertama Pemantauan terhadap para tenaga kependidikan yang perlu dilakukan
motivasi cara ini sesuai kondisi, Kedua Individu pembinaan ini dilakukan untuk
tenaga kependidikan yang ditujukan untuk satu orang atau satu tujuan, , Ketiga
Kelompok pembinaan ini dilakukan dengan memberikan motivasi kepada seluruh
tenaga kependidikan ataupun 2 orang lebih dan Keempat Evaluasi ini dilakukan
untuk pera tenaga kependidikan yang sudah dilakukan evaluasi ataupun dalam masah
pelaksanaan motivasi. Kedua melaksanakan beberapa cara, pemantauan: tahap
pertama ini dilaksanakan ketikan jam awal dan akhir , Individu: cara ini dilakukan
ketika kepala sekolah sudah menentukan siapa yang perlu dilakukan pembinaan
untuk cara ini digunakan kepala sekolah memanggil kekantor, Kelompok: pada tahap
ini kepala sekolah melaksanakan ketika rapat atau juga kepala sekolah masuk
keruangan tenaga kependidikan, dan Evaluasi: pada tahap akhir ini dilaksanakan
untuk mengetahui sejauh mana perkembangan yang sudah diberikan pembinaan.
Kedua Faktor pendukung dari pembinaan motivasi kerja tenaga kependidikan yaitu,
komitmen kepala sekolah, untuk memberikan perubahan terhadap tenaga
kependidikan, serta tidak terlepas dukungan perlengkapan untuk melakukan motivasi,
serta tidak lepas dari pelatihan keluar, dan juga komunikasi yang baik dengan
bawahan. Sedangkan faktor kendala dari pembinaan motivasi kerja tenaga
kependidikan yaitu, pertama terbatasnya Waktu pembinaan karena kesibukan pada
kepala sekola, Kedua Dana yang kedua ini menjadi factor urgen untuk sekolah.
Tidak tersedia versi lain