Text
STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN MINAT BACA MELALUI PROGRAM LAYANAN PERPUSTAKAAN DI MATA AL- GHAZALI ROMBASAN PRAGAAN SUMENEP
ABSTRAK
Imam Syukron Affani, 2020, Strategi Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan
Minat Baca Melalui Program Layanan Perpustakaan di MA Al-Ghazali
Rombasan Pragaan Sumenep, Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan
Islam, Fakultas Tarbiyah, Institute Agama Islam Negeri (IAIN) Madura,
Pembimbing: Atiqullah, S. Ag, M. Pd
Kata Kunci: Strategi Kepala Sekolah, Minat Baca, Layanan Perpustakaan
Kepala sekolah merupakan seorang pemimpin di lembaga pendidikan yang
mengelola, mengatur, dan menggerakkan bawahannya untuk mencapai tujuan
yang diinginkan. Minat baca merupakan suatu keinginan seseorang untuk
membaca sebuah tulisan karya ilmiah di perpustakaan. Sedangkan layanan
perpustakaan merupakan suatu pelayanan yang disediakan oleh petugas
perpustakaan untuk melayani pemustaka.
Berdasarkan hal tersebut, ada dua pokok permasalahan yang akan menjadi
kajian dalam melakukan penelitian ini. Pertama, bagaimana strategi kepala
sekolah dalam mengembangkan minat baca melalui program layanan
perpustakaan di MA Al-Ghazali Rombasan Pragaan Sumenep. Kedua, apa saja
faktor pendukung dan penghambat dalam mengembangkan minat baca siswa di
MA Al-Ghazali Rombasan Pragaan Sumenep.
Peneliti dalam melakukan penelitian ini menggunakan pendekatan
kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang diperoleh oleh
peneliti berupa wawancara (semi terstruktur) kepada pihak yang bersangkutan,
observasi (partisipan), dan dokumentasi, dengan informan kepala sekolah dan
siswa.sedangkan untuk pengecekan keabsahan data melalui keikutsertaan peneliti,
triangulasi, dengan ketekunan peneliti/pengamatan.
Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa: Pertama,
strategi kepala sekolah dalam mengembangkan minat baca melalui program
layanan perpustakaan di MA Al-Ghazali Rombasan Pragaan Sumenep adanya
penugasan resume kepada siswa yang rajin mengunjungi perpustakaan dan rajin
meminjam buku, dan pemberian reward kepada siswa yang resumenya paling
baik. Kedua, pendukung dan penghambat dalam mengembangkan minat baca
siswa perpustakaan di MA Al-Ghazali Rombasan Pragaan Sumenep faktor yaitu
kelengkapan fasilitas perpustakaan, memiliki pengelola perpustakaan yang baik,
ruangan perpustakaan yang tenang, ruang perpustakaan yang rapi. Sedangkan
mengenai fakor penghambatnya terlambatnya penambahan koleksi buku,
keterlambatan pengembalian buku oleh siswa, koleksi buku yang hilang, ruangan
perpustakaan yang terkadang menjadi multifungsi, kurangnya jumlah komputer,
dan pembaca barkode.
Tidak tersedia versi lain