Text
PERAN HUMAS DALAM MARKETING MIX SEBAGAI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DI MAN 1 SAMPANG
ABSTRAK
Muhammad Ishaq, 2020, Peran Humas Dalam Marketing Mix Sebagai
Pemasaran Jasa Pendidikan Di MAN 1 Sampang, Skripsi, Program Studi MPI,
Fakultas Tarbiyah, IAIN Madura. Pembimbing Dr. Ali Nurhadi, S.Pd., M.Pd
Kata kunci: Peran Humas, Marketing Mix, Pemasaran Jasa Pendidikan
Humas sekolah memiliki peranan yang penting dalam marketing jasa
pendidikan. Seiringnya perkembangan zaman, humas harus mampu membuat
strategi marketing mix sebagai pemasaran jasa pendidikan untuk bersaing dengan
sekolah-sekolah lain. Untuk itu bagaimana humas mampu membuat komunikasi
yang baik dengan masyarakat serta merancang strategi yang efektif dan efesien
sehingga menarik masyarakat terhadap sekolah.
Berdasarkan hal tersebut maka ada 3 fokus penelitian yaitu 1) bagaimana
peran humas dalam marketing mix sebagai pemasaran jasa pendidikan di MAN 1
Sampang, 2) apa saja pendukung peran humas dalam marketing mix sebagai
pemasaran jasa pendidikan di MAN 1 Sampang, 3) apa saja penghambat dan
solusi dari peran humas dalam marketing mix sebagai pemasaran jasa pendidikan
di MAN 1 Sampang.
Penelitian ini mengunakan penelitian kualitatif. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Sumber data
diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informannya waka
humas, kepala sekolah dan panitia PPDB MAN 1 Sampang. Analisis data
menggunakan teknik deskriptif kualitatif melalui reduksi data, penyajian data,
dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi
metode dan sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) peran humas
dalam marketing mix sebagai pemasaran jasa pendidikan di MAN 1 Sampang
yaitu memiliki peran menentukan target sasaran dan membuat strategi pemasaran
jasa pendidikan dengan membuat brosur, memasang sepanduk serta membuat
even-even tahunan seperti aksima, aksioma dan vokasi serta melalui hubungan
harmonis, banyaknya alumni. Untuk strategi pemasaran melakukan sosialisasi
kesekolah sekolah dan membuat program tahunan (even) 2) Faktor Pendukung
yaitu adanya program dan even even yang ada. Sehingga siswa dapat
berkrativitas dan berkarya melalui program-program yang ada di MAN 1
Sampang. Karya dan aksi kreasi siswa akan ditampilkan dieven-even tahunan
MAN 1 Sampang. Sehingga humas membritakan program, even-even yang sudah
terlaksana kemedia sosial. Dengan adanya pemberitaan kemedia sosial akan
menarik minat masyarakat terhadap MAN 1 Sampang. 3) hambatan yang di alami
dari peran humas dalam marketing mix sebagai pemasaran jasa pendidikan MAN
1 Sampang yaitu kurangnya angota PPDB sehingga penyampayan informasi
secara langsung tidak kontinyu. Dari hambatan itu tidak menjadi penghalang
humas dalam memasarkan jasa pendidikanya. Humas MAN Sampang memiliki
solusi yaitu membuat kerjasama dengan para alumni dalam memasarkan jasa
pendidikanya
Tidak tersedia versi lain