Text
KOMPETENSI PROFESIONAL GURU MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MADRASAH ALIYAH MIFTAHUL ULUM SEKAR ANOM BULANGAN TIMUR PAGANTENAN PAMEKASAN
ABSTRAK
Amrosi, 2020, Kompetensi Profesional Guru Mata Pelajaran Aqidah
Akhlak di Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Bulangan Timur Pegantenan
Pamekasan, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas
Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Madura, Pembimbing:
Dr.Siswanto,M.Pd.I
Kata Kunci: Kompetensi Profesional Guru, Mata Pelajaran Aqidah
Akhlak
Penelitian ini di latar belakangi oleh fenomena yang terjadi di
Madrasah Aliyah Bulangan Timur Pegantenan ini berada dibawah
naungan pesantren dan mayoritas guru disana merupakan alumni
pondok pesantren yang memiliki akhlak yang baik. Dan dilembaga MA
Bulangan Timur pegantenan ini, guru Aqidah Akhlak menjadi guru
panutan dan menjadi guru kepercayaan pesantren ketika ada tugas
dari yayasan. Guru Aqidah Akhlak dengan wawasan keagamaannya
lebih dianggap mampu dan berkompeten membimbing siswa menjadi
anak yang sholeh. Namun, selain itu guru Aqidah Akhlak juga harus
mampu membimbing dan mempumyai kompetensi professional sesuai
bidang yang ditekuninya.
Ada dua fokus penelitian yang menjadi kajian utama penelitian ini,
yaitu: Pertama Bagaimana Kompetensi Profesional Guru Mata
Pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Sekar Anom
Bulangan Timur Pegantenan Pamekasan Kedua, Apa saja upaya yang
dilakukan sekolah dalam meningkatkan kompetensi professional guru
mata pelajaran akidah ahklak di Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Sekar
Anom Bulangan Timur Pegantenan Pamekasan
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya
adalah deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara,
observasi dan dokumentasi. Analisis data dengan melakukan Reduksi
Data, Penyajian Data dan Penarikan Kesimpulan/ Verifikasi. Data yang
di peroleh di cek keabsahan datanya dengan ketekunan pengamatan.
perpanjangan keikutsertaan dan trianggulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, Kompetensi
Profesional Guru Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Aliyah
Miftahul Ulum Sekar Anom, diantaranya yaitu: a). Guru Aqidah Akhlak di
Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Sekar Anom mampu menguasai materi
pelajaran yang akan disampaikannya b). Guru Aqidah Akhlak di
Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Sekar Anom mampu membuat
perangkat pembelajaran seperti membuat rencana pelaksaan
pembelajaran c). Guru Aqidah Akhlak di Madrasah Aliyah Miftahul Ulum
Sekar Anom mampu menggunakan metode pembelajaran yang variatif
d). Guru Aqidah Akhlak di Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Sekar Anom
mampu mengevaluasi atau membimbing siswa siswa agar memahami
dan mengetahui materi pelajaran yang disampaikannya. Kedua, Upaya
Sekolah Dalam Meningkatkan Professional Guru Mata Pelajaran Akidah
Ahklak di Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Sekar Anom Bulangan Timur
Pegantenan Pamekasan, diantaranya yaitu: a). Sekolah mengadakan
rapat atau pembinaan kepada semua guru demi meningkatkan
Tidak tersedia versi lain