Text
PROFESIONALISME GURU DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA DI SMPN 4 PAMEKASAN
ABSTRAK
Moh. Iksan Ridho Maulana 2020, “Profesionalisme Guru Dalam Meningkatkan Kedisiplinan
Belajar Siswa di SMPN 4 Pamekasan”, Skripsi, Prodi PAI, Fakultas Tarbiyah, Institut
Agama Islam Negeri Madura.
Pembimbing : Dr. H. Saiful Hadi, M.Pd
Kata Kunci : Profesionalisme Guru, Kedisiplinan Belajar
Metode yang digunakan guru dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa itu
sangat penting. Keprofesionalimenya guru dalam meningkatkan strategi belajar tersebut
sangat diperlukan ketika guru menyampaikan pelajaran saat kegiatan belajar mengajar
berlangsung agar siswa mudah memahami, khususnya dalam mendisiplinkan waktu yang
sesuai dengan aturan-aturan yang telah di tetapkan oleh SMPN 4 Pemekasan. Dengan melalui
aturan-aturan sekolah yang telah ditetapkan oleh Kepala Sekolah, diharapkan siswa mampu
menjadi manusia yang lebih baik dengan mendisiplinkan waktunya.
Berdasarkan hal tersebut maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok
dalam penelitian ini, yaitu: pertama, Bagaimana upaya profesionalisme guru dalam
membentuk kedisiplinan belajar siswa di SMPN 4 Pamekasan ; kedua, Bagaimana hasil
implementasi data dari meningkatkan kedisiplinan belajar siswa di SMPN 4 Pamekasan;
ketiga, Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi profesionalisme guru dalam meningkatkan
kedisiplinan belajar siswa di SMPN 4 Pamekasan.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan menggunakan jenis penelitian
deskriptif, karena penelitian ini berangkat dari suatu kerangka teori, gagasan-gagasan dan
pengalaman peneliti. Dan mendukung pembahasan-pembahasan berdasarkan fakta di
lapangan, maka peneliti menyertakan dokumentasi sebagai pelengkap. Selanjutnya dilakukan
wawancara dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa profesionalisme guru dalam meningkatkan
kedisiplinan belajar siswa di SMPN 4 Pamekasan sudah baik, hal ini ditunjukkan dengan
peran guru sebagai pendidik, pelatih, administrasi, dan bimbingan konseling (BK) dalam
mendisiplinkan belajar. Keberhasilan guru dalam meningkatkan kedisiplinan belajar bisa
dikatakan berhasil. Hal ini dibuktikan anak didik SMPN 4 Pamekasan didiplin masuk kelas,
jujur dalam mengerjakan tugas, disiplin sholat dhuhur. Dari hasil diatas, disarankan kepada
guru untuk menjalin komunikasi yang baik dengan peserta didik, meningkatkan
kprofesionalismenya khususnya dalam meningkatka kedisiplinan belajar.
Tidak tersedia versi lain