Text
PEMBENTUKAN KARAKTER SANTRIWATI MELALUI PANCA JIWA PESANTREN DI PONDOK PESANTREN AL-AMIEN PUTRI II PRENDUAN SUMENEP
ABSTRAK
Sri Nurul Hasanah, 2020, Pembentukan Karakter melalui Panca Jiwa Pesantren
di Pondok Pesantren Al-Amien Putri II, Skripsi, Jurusan PAI, Fakultas Tarbiyah,
Pembimbing : Drs. H. Saiful Arif, M. Pd
Kata kunci : Karakter, pancajiwa pesantren, pembentukan karakter
Pendidikan pesantren memiliki nilai-nilai yang dapat membentuk
karakter para santriwati menjadi pribadi yang baik dan berguna bagi masyarakat.
Panca jiwa pondok pesantren tersebut melatih para santriwati membangun dan
membentuk karakter menuju terciptanya sebagai insan kamil yang bermanfaat
bagi seluruh masyarakat khususnya bagi pesantren.
Fokus penelitiannya ini yaitu : 1). Bagaimana Presepsi para santriwati
dalam memahami panca jiwa pesantren di pondok pesantren Al-Amien Putri II
Prenduan Sumenep. 2). Bagaimana implementasi panca jiwa pondok pesantren
dalam membentuk karakter santriwati di pondok pesantren Al-Amien putri II
Prenduan Sumenep. 3). Apa saja faktor yang menjadi kendala dalam membentuk
karakter santriwati melalui panca jiwa pesantren di pondok pesantren Al-Amien
putri II prenduan sumenep. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif
dengan jenis penelitian deskriftif, pengumpulan data melalui wawancara,
observasi dan dokumentasi. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan
melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Persepsi para Santriwati dalam
Memahami Panca Jiwa Pesantren di Pondok Pesantren Al-Amien Putri II
Prenduan Sumenep 1).Panca jiwa itu harus ada di dalam pesantren karena panca
jiwa itu adalah ruhnya pondok atau nyawanya pondok, tanpa panca jiwa pesantren
tidak akan menjadi pesantren karena 5 karakter panca jiwa itu yang bisa
mengembangkan dan menggerakkan seluruh santriwati. 2).Implementasi panca
jiwa pondok pesantren dalam membentuk karakter santriwati diterapkan dalam
proses pembelajaran dan dalam program kegiatan pesantren. Dalam proses belajar
di KBM ada kemandirian, anak-anak dituntut untuk disiplin selama di sekolah dan
sekarang guru juga harus menasehati dan memberikan masukan kepada anak-anak
agar mereka bisa tetap melakukan karakter yang 5 itu karena sikap/karakter itu
sangatlah penting bagi anak untuk di terapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Sedangkan dalam program kegiatan pesantren mengadakan kreativitas santri
untuk mengembangkan bakat santri di atas panggung dan di pondok memberikan
kebebasan apa saja yang ingin santri tampilkan,biasanya ada pidato, seni dan
lainnya. Mereka sama saja dengan menaikkan jiwa bebas yang aktif dan kreatif.
3).Faktor-faktor yang menjadi kendala dalam membentuk karakter Santriwati
melalui Panca jiwa Pesantren di Pondok Pesantren Al-Amien putri II Prenduan
Sumenep terjadi karena dari faktor kendala santri tidak kerasan di pondok, jika
santri tidak kerasan di pondok berarti ia belum memahami betul tentang karakter
panca jiwa .
Tidak tersedia versi lain