Text
PENGARUH PENERAPAN MODEL QANTUM TEACHING TERHADAP AKTIVITAS PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA DI SDN KANGENAN 1 PAMEKASAN
ABSTRAK
Rizky Ayu Lestari, 2020, Pengaruh Penerapan Model Quantum Teaching
Terhadap Aktivitas Pemeblajaran Tematik di SDN Kangenan 1 Pamekasan. Skripsi
Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Jurusan Tarbiyah,
Pembimbing: Dr. Abd. Mukhid. M.Pd.
Kata Kunci: Model Quantum Teaching, Aktivitas Pembelajaran Tematik.
Model pembelajaran quantum teaching adalah konsep yang menguraikan caracara baru dalam memudahkan proses belajar mengajar, lewat pemandu unsur seni
dan pencapaian-pencapaian yang terarah, apapun mata pelajaran yang diajarkan.
Adapun asas quantum teaching adalah bawalah dunia mereka ke dunia kita, dan
antarkan dunia kita ke dunia mereka. Hal ini mengingatkan kita pada pentingnya
memasuki dunia murid sebagai langkah pertama. Memasuki terlebih dahulu dunia
mereka berarti memberi izin untuk memimpin, menuntun, dan memudahkan
perjalanan mereka menuju kesadaran dan ilmu pengetahuan yang lebih luas.
Ada dua permasalahan yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini
yaitu: Pertama, Adakah Pengaruh Penerapan Model Quantum Teaching Terhadap
Aktivitas Pembelajaran Tematik Siswa di SDN Kangenan 1 Pamekasan? Kedua,
Seberapa besarkah Pengaruh Penerapan Model Quantum Teaching Terhadap
Aktivitas Pemeblajaran Tematik Siswa di di SDN Kangenan 1 Pamekasan?
Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini dengan menggunakan
penelitian kuantitatif dengan pendekatan analisis pengaruh yang terdiri dari dua
variabel, yaitu independent variabel adalah Pengaruh Penerapan Model Quantum
Teaching dan dependent variabel adalah Aktivitas Pembelajaran Tematik, dan
teknik analisis data yang digunakan adalah statistik dengan teknik Product moment.
Adapun sampel penelitian ini adalah siswa kelas III, IV,dan V di SDN Kangenan 1
Pamekasan sebanyak 77 siswa. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan
data adalah angket.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Ada Pengaruh Penerapan
Model Quantum Teaching Terhadap Aktivitas Pembelajaran Tematik di SDN
Kangenan 1 Pamekasan, hal ini terbukti dari hasil analisis data bahwa nilai r kerja
10,398 lebih besar dari pada dalam interval kepercayaan 5% diperoleh nilai r tabel
product moment sebesar 3,25. Kedua, Pengaruh Penerapan Model Quantum
Teaching Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Dalam Pemeblajaran Tematik Kelas III
SDN Kangenan 1 Pamekasan tergolong tinggi, karena nilai r kerja 10,398 berada
pada rentetan angka 10,394 sampai dengan 11,000 interpretasi tinggi
Tidak tersedia versi lain