Text
UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI METODE TALKING STICK PADA KELAS III SDN PADEMAWU TIMUR V
ABSTRAK
Dwi Nofianti 2020, Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Melalui
Metode Talking Stick pada Siswa Kelas III SDN Pademawu Timur V
Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas
Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Madura, Pembimbing Moh.
Hafid Efendy, M.Pd
Kata Kunci : Keterampilan Berbicara, Talking Stick.
Keterampilan berbicara pada siswa kelas III SDN Pademawu Timur V
masih rendah dikarenakan keterampilan berbahasa di daerah desa memang
sangat kurang, juga selain itu di sekolah juga tidak membiasakan pada saat
pembelajaran. Pada saat belajar berlangsung siswa lebih banyak berbicara
sesuatu yang yang tidak penting atau malah akan berbicara hal-hal yang
kurang baik. Sebaiknya guru memiliki metode yang tepat dalam melatih siswa
untuk meningkatkan keterampilan berbicara.
Dalam hal ini peneliti mengambil fokus :Pertama,Bagaimana penerapan
metode Talking Stick pada siswa kelas III SDN Pademawu Timur V? Kedua,
Bagaimana hasil peningkatan keterampilan berbicara melalui metode
pembelajaran Talking Stick pada siswa kelas III SDN Pademawu Timur V
?Ketiga, Apa sajakah faktor penghambat dan pendorong dalam upaya
meningkatkan keterampilan berbicara melalui metode pembelajaran Talking
Stick pada siswa kelas III SDN Pademawu Timur V?
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas.Subjek penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas III SDN Pademawu Timur V yang berjumlah 21
siswa.Model penelitian ini menggunakan PTK model kemmisdan Robin Mc
Taggart.Penelitian tindakan ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus
terdiri dari 2 pertemuan dan pada setiap siklus terdapat kegiatan perencanaan,
pelaksanaan, observasi dan refleksi.Metode yang digunakan dalam
pengumpulan data adalah observasi, tes dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian bahwa penggunaan Metode Talking Stick
dalam pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas
III SDN Pademawu Timur V. Dikarenakan adanya peningkatan aktivitas
belajar siswa pada saat pembelajaran dan dengan adanya metode ini jumlah
partisipasi siswa meningkat. Selain itu, hasil pengamatan yang dilakukan oleh
peneliti menunjukkan peningkatan hasil persentase ketuntasan siswa pada
tahap penelitian. Pada tahap penelitian pra siklus persentase ketuntasan siswa
masih mencapai45%. Penggunaan metode Talking Stick untuk meningkatkan
keterampilan berbicara ini sangat efektif, dibuktikan dengan tingkat
partisipasi siswa lebih dari sebelumnya dan kualitas pembelajaran lebih baik.
Siswa yang sebelumnya malas belajar menjadi lebih semangat karena metode
yang digunakan bermain dan menuntut siswa untuk fokus dan menjawab
pertanyaan yang akan diberikan, siswa lebih tertarik untuk belajar sehingga
pada siklus I sudah mengalami peningkatan, menjadi 60% kemudian
meningkat lagi pada siklus II menjadi 85%.
Tidak tersedia versi lain