Text
PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER TERBASIS AL-QURAN MELALUI HAFALAN JU 'AMMA DI SDIT ABFA PAMEKASAN
ABSTRAK
KHAIRUL BARIYAH, 2020, “Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter
Berbasis Al-Qur’an Melalui Hafalan Juz ‘Amma di SDIT ABFA Pamekasan”,
Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah,
IAIN Madura, Pembimbing: Ahmad Fawaid, M.Pd.I.
Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Al-Qur’an, Hafalan Juz ‘Amma
Pendidikan karakter merupakan cara untuk mengembangkan nilai-nilai
karakter pada peserta didik sehingga mereka memiliki nilai dan karakter sebagai
karakter dirinya, menerapkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan dirinya, sebagai
anggota masyarakat dan warga negara yang religius, nasionalis, produktif dan
kreatif. Al-Qur’an adalah sumber segala ilmu, termasuk sumber dan contoh yang
baik dalam proses melakukan pendidikan berbasis karakter. Dalam bidang
pendidikan Al-Qur’an menuntut bersatunya kata dengan sikap. Yaitu ciri khas atau
karakter moral atau akhlak yang terdapat di dalam diri peserta didik yang
berlandaskan pada nilai-nilai atau keutamaan-keutamaan materi yang terdapat di
dalam Al-Qur’an. Juz ‘Amma atau jus ke 30 merupakan juz dengan jumlah surah
terbanyak di dalam kitab suci Al-Qur’an. Dalam Juz’Amma terdapat surah-surah
pendek yang diawali dari surat An-Naba’ dan diakhiri oleh surat An-Naas.
Dari konteks tersebut, ada tiga fokus penelitian yaitu pertama, bagaimana
penanaman nilai-nilai pendidikan karakter berbasis Al-Qur’an melalui hafalan Juz
‘Amma, kedua, bagaimana pengaruh hafalan Juz ‘Amma terhadap penanaman
nilai-nilai pendidikan karakter berbasis Al-Qur’an, ketiga¸ faktor penghambat
penanaman nilai-nilai pendidikan karakter berbasis Al-Qur’an melalui hafalan
Juz’Amma di SDIT ABFA Pamekasan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan
menggunakan pendekatan kualitatif untuk mendapatkan informasi yang
menggambarkan penanaman nilai-nilai pendidikan karakter terhadap peserta didik.
Informasi dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru tahfidz, guru kelas 4A,
5B, 6, dan siswa kelas 4A, 5B, 6. Dalam penelitian ini metode pengumpulan data
yang dilakukan adalah menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan
wawancara.
Hasil penelitian yang diperoleh adalah pertama, penanaman nilai-nilai
pendidikan karakter berbasis Al-Qur’an melalui hafalan Juz’amma diberikan
kepada siswa pada saat proses hafalan atau murajaah hafalan berlangsung, dengan
cara menjelaskan surah yang akan atau sudah dihafal. Kedua, pengaruh hafalan
Juz’Amma terhadap penanaman nilai-nilai pendidikan karakter siswa mempunyai
jiwa karakter qur’ani, akhlak mulia, rasa tanggung jawab. Ketiga, faktor
penghambat salah satunya yaitu lingkungan sekolah dan lingkungan rumah serta
dukungan orang tua. Dimana faktor lingkungan sekolah, lingkungan rumah dan
dukungan orang tua sangatlah berpengaruh dalam proses pertumbuhan dan
perkembangan karakter pada peserta didik
Tidak tersedia versi lain