Text
PENGARUH PEMBERIAN PENGHARGAAN (REWARD) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN METEMATIKA KELAS II DI SDN JAMBRINGIN 3 PROPPO PAMEKASAN
ABSTRAK
Ilham Akbarianto, 2020, Pengaruh Pemberian Penghargaan (Reward) terhadap
Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika Kelas II di SDN
Jambringin 3 Proppo Pamekasan, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru
Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Madura
(IAIN), Dosen Pembimbing: Fatimatuz Zahroh, M. Pd.
Kata Kunci: reward, motivasi, belajar
Pendidik diharapkan dapat memberikan rangsangan kepada peserta didik
sehingga dapat menumbuhkan motivasi belajar bagi peserta didik. Salah satu
rangsangan yaitu dengan cara pemberian penghargaan dalam pembelajaran.
Motivasi merupakan salah satu aspek dinamis yang sangat penting bagi siswa.
Berdasarkan observasi yang dilakukan pada kelas II di SDN Jambringin 3 didapat
informasi bahwasanya pada saat kegiatan belajar mengajar berlangsung didalam
kelas menunjukkan bahwa terdapat temuan dimana interaksi guru terhadap siswa
suasananya kurang begitu cair dalam proses pembelajaran yaitu tidak adanya
umpan balik yang diberikan pendidik setelah siswa mampu menjawab sebuah
pertanyaan yang telah pendidik berikan. Sehinga saat pembelajaran berlangsung
terlihat beberapa siswa yang tidak memperhatikan guru, tidak semangat dalam
belajar. Artinya siswa asik bermain-main sendiri dan tidak mendengarkan disaat
pembelajaran berlangsung. Dengan adanya masalah tersebut membuat peneliti
tertarik untuk melakukan penelitian tentang pengaruh pemberian penghargaan
(reward) terhadap motivasi belajar siswa. Berdasarkan hal tersebut ada satu
permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini yaitu tentang ada
tidaknya pengaruh pemberian reward terhadap motivasi belajar siswa pada
pembelajaran matematika kelas II di SDN Jambringin 3 Proppo Pamekasan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh
pemberian reward terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran matematika
kelas II di SDN Jambringin 3 Proppo Pamekasan.
Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan rancangan
penelitian menggunakan True experimental design jenis posttest-only control
design. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes (post test) dan
dokumentasi. Populasi pada penelitian ini ialah sebanyak 18 siswa kelas II SDN
Jambringin 3. Sampel penelitian ini yaitu semua anggota populasi dijadikan
sampel yaitu 18 siswa. Teknik yang digunakan untuk mengambil sampel adalah
teknik non-probability sampling (sampel tanpa acak). Analisis data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan rumus uji-t. Hasil penelitian
ini yaitu berdasarkan data hasil dari angket motivasi belajar siswa didapat thitung =
5,884. Sedangkan sebagai pendukung yaitu data dari hasil post test siswa didapat
thitung = 7,02. Selanjutnya penulis bandingkan dengan ttabel dengan dk = n1 + n2 – 2
(9 + 9 – 2 = 16 ) dengan taraf kesalahan 5% diperoleh ttabel = 2,120. Oleh karena
thitung > ttabel yaitu 5,884 > 2,120 (untuk thitung dari data hasil angket motivasi
belajar) dan 7,02 > 2,120 (untuk thitung dari data hasil post test) maka dapat
disimpulkan bahwa ada pengaruh pemberian penghargaan (reward) terhadap
motivasi belajar siswa pada pembelajaran matematika kelas II di SDN Jambringin
3 Proppo Pamekasan. Hal ini berarti bahwa (HO) ditolak dan (Ha) diterima
Tidak tersedia versi lain