Text
UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 PADEMAWU
ABSTRAK
Ferdiyanto, 2020, “Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Strategi
Pembelajaran Inkuiri Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas VIII di
SMP Negeri 1 Pademawu” Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN)
MADURA. Pembimbing : Hasan Basri, M.Pd
Kata Kunci : Minat Belajar, Strategi Inkuiri, Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).
Penelitian ini dilatar belakangi oleh peserta didik SMP Negeri 1 Pademawu yang memiliki
minat belajar sangat rendah, minat belajar terhadap IPS yang tidak stabil dan cenderung merasa
bosan dengan pembelajaran berlangsung dari penggunaan model/ strategi ceramah membuat
peserta didik dalam bayangan kebosanan, mengantuk serta pengaruh suasana yang tidak menentu
sehingga mempengaruhi minat belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian skripsi ini
adalah; Bagaimanakah upaya meningkatkan minat belajar siswa melalui strategi pembelajaran
Inkuiri pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas VIII di SMP Negeri 1 Pademawu.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas
(PTK). Dengan model Stephen Kemmis dan Robbin Mc Taggart yang terdiri dari empat
komponen, antara lain: Rencana (planning), Tindakan (acting), refleksi (reflecting), dan observasi
(observing). Pengumpulan data dilakukan melalui tiga teknik, yaitu Wawancara, Observasi,
Dokumentasi. Analisis dilakukan dengan menjelaskan, menafsirkan, dan menguraikan data-data
yang diperoleh sehingga akan didapat sebuah pemahaman yang baik.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi inkuiri dapat
meningkatkan minat belajar siswa pada pelajaran IPS. Hal ini dapat dilihat dari aktivitas belajar
siswa pada siklus I menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa dari 28 orang, hanya mendapatkan
kriteria rendah dan pada siklus II meningkat menjadi lebih tinggi. Sedangkan ditinjau dari
ketuntasan belajar siswa pada siklus I minat belajar sebesar 30,76% dan pada akhir siklus II
meningkat menjadi 87,61%
Berdasarkan hasil penelitian, disarankan. Pertama. Bagi guru, diharapkan mampu
mengaplikasikan strategi inkuiri lebih kreatif kembali untuk mencapai suatu target kompetensi
dasar dan kompetensi intinya. Kedua. Bagi sekolah disarankan untuk lebih diperhatikan kembali
strategi/model pembelajaran yang digunakan biar lebih bervariasi. Ketiga. Bagi peneliti lain, di
sarankan untuk meningkatkan serta mengembangkan kembali strategi inkuiri lebih profesional.
Jika bisa melebihi peneliti yang sekarang. Strategi inkuiri ini cukup menarik jika di aplikasikan di
dunia pendidikan.
Tidak tersedia versi lain