Text
PROBLEMATIKA GURU NON IPS DALAM MENGAJAR MATA PELAJARAN IPS DI MTS. MIFTAHUL QULUB POLAGAN
ABSTRAK
Novita Mellya Sari, 2020, Problematika Guru Non IPS Dalam Mengajar Mata
Pelajaran IPS di MTs. Miftahul Qulub Polagan, Skripsi, Program Studi Tadris Ilmu
Pengetahuan Sosial, Fakultas Tarbiyah, IAIN Madura.
Pembimbing: Dr. H. Ali Nurhadi, S.Pd.,M.Pd.
Kata Kunci: Problematika, Guru, IPS.
Problematika merupakan berbagai persoalan-persoalan sulit yang dihadapi
dalam proses pemberdayaan, baik yang datang dari individu maupun dalam upaya
pemberdayaan SDM atau guru dalam dunia pendidikan, sama halnya dengan guru
non IPS yang terdapat di MTs. Miftahul Qulub Polagan yang memiliki beberapa
kendala dan kesulitan dalam mengajar mata pelajaran IPS. Adapun metode dalam
penelitian ini yaitu peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif yang mana
data-datanya didapat melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Berdasarkan hal tersebut, maka fokus penelitian ini yang pertama yaitu
bagaimana kesulitan yang dihadapai guru non IPS dalam mengajar pembelajaran
IPS disekolah, kedua yaitu Bagaimana dampak pembelajaran yang dilakukan guru
non IPS terhadap hasil belajar anak didik.
Adapun hasil dari penelitian ini yaitu terdapat beberapa kendala yang
dihadapi guru non IPS dan dampak dari non IPS pada anak didik seperti guru yang
kurang menguasai materi pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar sehingga
berdampak pada hasil belajar siswa dengan nilai yang kurang memuaskan
Tidak tersedia versi lain