Text
PENERAPAN STRATEGI ACTIVE LEARNING DALAM MENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS DI SMP ISLAM AL-WAROQOT PAMAROH KADUR PAMEKASAN
ABSTRAK
Vera Indriana, 2020, Penerapan Strategi Active Learning dalam Meningkatkan
Hasil Belajar IPS di SMP Islam Al-Waroqot Pamaroh Kadur Pamekasan, Skripsi,
Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Tarbiyah, Pembimbing:
Itaanis Tianah, S.Sos., MA.Hum.
Kata Kunci: Strategi Active Learning dan Hasil Belajar IPS
Strategi active learning (pembelajaran aktif) adalah salah satu strategi
pembelajaran yang menuntut keaktifan serta partisipasi siswa seoptimal mungkin
dalam kegiatan pembelajaran. Strategi ini merupakan strategi pembelajaran yang
dapat diterapkan untuk melatih siswa agar mampu berperan aktif ketika proses
pembelajaran berlangsung sehingga siswa memiliki kecakapan yang sesuai
dengan lingkungan dan kebutuhannya, yakni pemahaman terhadap materi
pelajaran IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial). IPS merupakan bagian dari kurikulum
sekolah yang tanggung jawab utamanya adalah membantu siswa dalam
mengembangkan pengetahuan, keterampilan, dan nilai yang diperlukan untuk
berpartisipasi dalam kehidupan masyarakat.
Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti tertarik untuk melakukan
penelitian dengan judul Penerapan Strategi Active Learning dalam Meningkatkan
Hasil Belajar IPS di SMP Islam Al-Waroqot Pamaroh Kadur Pamekasan.
Terdapat dua pokok permasalahan yang menjadi kajian peneliti, yaitu penerapan
strategi active learning dalam pembelajaran IPS di SMP Islam Al-Waroqot dan
peningkatan hasil belajar IPS melalui penerapan strategi active learning di SMP
Islam Al-Waroqot. Berdasarkan dua pokok permasalahan tersebut, peneliti
membuat dua pertanyaan sebagai rumusan masalah; Apakah melalui penerapan
strategi active learning dapat meningkatkan hasil belajar IPS di SMP Islam AlWaroqot? Bagaimana penerapan strategi active learning dalam meningkatkan
hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Islam Al-Waroqot?
Dari rumusan masalah tersebut, penelitian ini mempunyai tujuan untuk
mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPS melalui penerapan strategi active
learning serta untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi active learning
dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Islam
Al-Waroqot. Penelitian ini merupakan Penelitikan Tindakan Kelas (PTK) dengan
menggunakan model penelitian tindakan Kemmis dan MC Taggart, yaitu
berbentuk spiral dari siklus yang satu ke siklus lainnya. Setiap siklus meliputi
planning (rencana), action (tindakan), observation (observasi), dan reflection
(refleksi). Adapun teknik yang digunakan untuk menganalisis sumber-sumber data
adalah dengan analisis kualitatif dan kuantitatif deskriptif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran IPS pada materi
Interaksi Antarnegara-negara ASEAN dengan diterapkannya strategi active
learning dengan metode active knowledge sharing di Kelas VIII SMP Islam AlWaroqot memiliki dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini
dapat dilihat dari hasil ulangan siswa yang telah mencapai bahkan melebihi KKM
(Kriteria Ketuntasan Minimal) yang telah ditentukan, yaitu 75. Nilai rata-rata
ulangan siswa secara klasikal mencapai 88 dari yang sebelumnya 72,83 dengan
ketuntasan belajar 83,3%. Dan setelah diadakan remedi, nilai rata-rata ulangan
siswa secara klasikal adalah 88 dengan ketuntasan belajar 100%.
Tidak tersedia versi lain