Text
ANALISIS HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIVEMENT DIVISION (STAD) DALAM PEMBELAJARAN IPS DI KELAS VII MTS .MIFTAHUL ULUM PAGENDINGAN GALIS PAMEKASAN
ABSTRAK
Faisal Harisandi, 2020, “Analisis Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD)
Dalam Pembelajaran IPS di Kelas VII Mts. Miftahul Ulum Pagendingan Galis
Pamekasan”, Skripsi Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas
Tarbiyah IAIN Madura Pembimbing Dr.R.Agoes Kamaroellah,M.Si.
Kata Kunci : Model Pembelajaran STAD, Hasil Belajar.
Dalam kegiatan pembelajaran seorang guru harus mampu memberikan
pembelajaran yang menarik, untuk itu diperlukan strategi yang mengaktifkan
siswa dalam pembelajaran, seorang guru perlu menerapkan model pembelajaran
yang bisa digunakan guru untuk merancang pembelajaran yang menarik dan
mengaktifkan siswa, salah satunya yaitu model pembelajaran STAD.
Dengan penjelasan diatas maka memunculkan rumusan masalah
sebagaimana berikut, 1) Untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement
division (STAD) dalam pembelajaran IPS di kelas VII MTs Miftahul Ulum
Pagendingan Galis Pamekasan. 2) Untuk mengetahui tingkat ketuntasan belajar
IPS dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe student team
achievement division (STAD) dalam pembelajaran ips di kelas VII MTs Miftahul
Ulum Pagendingan Galis Pamekasan.
Penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yaitu penelitian yang
memaparkan data secara deskriptif. Metode yang digunakan adalah wawancara,
observasi dan dokumentasi serta cara yang digunakan dengan menggunakan
tringgulasi.
Hasil penelitian menunjukkan Hasil belajar siswa mengalami peningkatan
dan ketuntasan setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Student
Teams Achievement Division (STAD). Oleh karena itu, dalam kegiatan belajar
mengajar perlu sebuah model pembelajaran yang tepat agar diciptakan kondisi
belajar yang baik sehingga dapat meningkatkan dan menuntaskan hasil belajar
siswa. Hasil yang telah dicapai setelah guru mengajar dengan menerapkan model
pembelajaran kooperatif tipe STAD ini mengalami peningkatan baik dari segi
perubahan sikap siswa, keaktifan, perhatian serta motivasi siswa maupun dari segi
kemampuan siswa menyelesaikan soal tentang permintaan, penawaran, harga dan
pasar secara individu sebagai akibat dari hasil belajar kelompok yang guru
terapkan. Sehingga tentunya telah memberikan dampak yang positif terhadap
ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal
Tidak tersedia versi lain