Text
UPAYA PENINGKATAN KEPEKAAN SOSIAL SISWA MELALUI KEGIATAN PRAMUKA DI MTS NEGERI 3 PAMEKASAN
ABSTRAK
Khoirul Umam, 2020, Upaya Peningkatan Kepekaan Sosial Siswa Melalui Kegiatan
Pramuka di MTs Negeri 3 Pamekasan, Skripsi, Program Studi Tadris Pendidikan Ilmu
Sosial, Fakultas Tarbiyah, Pembimbing: Dr. Siswanto, M. Pd.
Kata kunci: Kepekaan Sosial, Pramuka
Pada hakekatnya, manusia merupakan makhluk sosial. Secara alami keberadaan
manusia membutuhkan hubungan dengan orang lain, manusia mempunyai dorongan
untuk berhubungan dengan lingkungan sosia di sekitarnya. Kepekaan sosial merupakan
sebuah keniscayaan dalam ruang individu dan ruang publik, karena salah satu dari
tujuan kehidupan sosial adalah membangun hidup damai diantara berbagai kelompok
dari berbagai perbedaan latar belakang. Era modern membuat manusia sebagai objek
pendidikan seakan kehilangan cintanya kepada yang lain. Sikap ini menimbulkan
ketidakpekaan terhadap lingkungan sosial.
Berdasarkan hal tersebut, terdapat permasalahan yang menjadi kajian pokok
dalam penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana penerapan kegiatan pramuka di MTsN 3
Pamekasan? Kedua, bagaimana upaya peningkatan kepekaan sosial siswa melalui
kegiatan Pramuka di MTsN 3 Pamekasan? Ketiga, Apa faktor penghambat dan
pendukung upaya peningkatan kepekaan sosial siswa melalui kegiatan pramuka di
MTsN 3 Pamekasan?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.
Dimana sumber data yang diperoleh melalui proses wawancara dan analisis
dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, pembina pramuka,
serta siswa. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melaui, ketekunan
pengamatan, analisis kasus dan uraian terperinci.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: pertama, Pelaksanaan kegiatan pramuka di
MTsN 3 Pamekasan dilakukan secara terstruktur melalui perencanaan yang matang
dan tertuang dalam berbagai program kerja kegiatan pramuka. Kedua, peningkatan
kepekaan sosial siswa dilakukan dengan melaksanakan kegiatan pramuka berupa
jelajah alam, kemah, permainan kelompok siswa, baris berbaris, upacara serta program
pembinaan lainnya yang mampu menguatkan karakter siswa sebagai manusia sosial,
terbukti mampu meningkatkan kepekaan siswa terhadap kehidupan sosial. Ketiga,
faktor pendukung peningkatan kepekaan sosial siswa melalui kegiatan pramuka berupa
faktor keluarga serta pembinaan dalam mendukung keaktifan siswa. Faktor
penghambat berupa lingkungan sekitar dan kesiapan siswa sendiri dalam menjalankan
program pramuka.
Agar peningkatan kepekaan sosial siswa dapat diperoleh secara optimal maka
pengelola pendidikan harus senantiasa berupaya meningkatkan, mendukung dan
memfasilitasi pengembangan kepribadian siswa melalui kegiatan pramuka yang efektif
dan efisien.
Tidak tersedia versi lain