Text
PENGARUH IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI SDN PADEMAWU TIMUR II
ABSTRAK
Nikmatur Riskiyah, 2020, Pengaruh Implementasi Pembelajaran Tematik
Terhadap Minat Belajar Siswa, Skripsi, Program Studi PGMI, Fakultas Tarbiyah,
IAIN Madura, Pembimbing: Aflahah, M.Pd.
Kata Kunci: Pembelajaran Tematik, Minat Belajar.
Pembelajaran Tematik merupakan pembelajaran terpadu yang
menggunakan tema sebagai suatu topik yang akan dibahas untuk mengaitkan mata
pelajaran yang satu dengan yang lain. Pembelajaran tematik menekankan pada
keterlibatan siswa selama proses pembelajaran, sehingga siswa memperoleh
pengalaman langsung. Dalam penerapan pembelajaran tematik, guru harus
mampu mengelola kelas dengan baik serta bisa mendesain model pembelajaran
seunik mungkin yang tujuannya untuk meningkatkan minat belajar siswa.
Pada penelitian ini memfokuskan pada dua permasalahan, yaitu:
pertama, adakah pengaruh implementasi pembelajaran tematik terhadap minat
belajar siswa di SDN Pademawu Timur II; kedua, seberapa besar pengaruh
implementasi pembelajaran tematik terhadap minat belajar siswa di SDN
Pademawu Timur II.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasi. Instrumen
data diperoleh melalui angket, observasi, wawancara dan dokumentasi serta
analisis datanya menggunakan statistic korelasi product moment yang tujuannya
untuk mengetahui korelasi antara variabel X dengan variabel Y.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, tidak ada pengaruh
implementasi pembelajaran tematik terhadap minat belajar siswa di SDN
Pademawu Timur II. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis dengan teknik product
moment bahwa nilai “r” kerja (0,19) lebih kecil dari “r” tabel baik pada taraf
signifikan 5% (0,374) maupun taraf signifikan 1 % (0,478), berdasarkan
ketentuan, jika “r” kerja lebih kecil dari “r” tabel, maka tidak ada korelasi
signifikan antara pembelajaran tematik terhadap minat belajar siswa. Kedua, besar
pengaruh implementasi pembelajaran tematik terhadap minat belajar siswa di
SDN Pademawu Timur II adalah sangat rendah. Hal ini berdasarkan hasil
interpretasi “r” kerja (0,19) dengan interpretasi nilai “r” berada pada interval
0,000 s/d 0,200 dengan interpretasi sangat rendah.
Tidak tersedia versi lain