PERPUSTAKAAN IAIN MADURA

Perpustakaan Religius dan Kompetitif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

PENGARUH IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI SDN PADEMAWU TIMUR II

NIKMATUR RISKIYAH - Nama Orang;

ABSTRAK
Nikmatur Riskiyah, 2020, Pengaruh Implementasi Pembelajaran Tematik
Terhadap Minat Belajar Siswa, Skripsi, Program Studi PGMI, Fakultas Tarbiyah,
IAIN Madura, Pembimbing: Aflahah, M.Pd.
Kata Kunci: Pembelajaran Tematik, Minat Belajar.
Pembelajaran Tematik merupakan pembelajaran terpadu yang
menggunakan tema sebagai suatu topik yang akan dibahas untuk mengaitkan mata
pelajaran yang satu dengan yang lain. Pembelajaran tematik menekankan pada
keterlibatan siswa selama proses pembelajaran, sehingga siswa memperoleh
pengalaman langsung. Dalam penerapan pembelajaran tematik, guru harus
mampu mengelola kelas dengan baik serta bisa mendesain model pembelajaran
seunik mungkin yang tujuannya untuk meningkatkan minat belajar siswa.
Pada penelitian ini memfokuskan pada dua permasalahan, yaitu:
pertama, adakah pengaruh implementasi pembelajaran tematik terhadap minat
belajar siswa di SDN Pademawu Timur II; kedua, seberapa besar pengaruh
implementasi pembelajaran tematik terhadap minat belajar siswa di SDN
Pademawu Timur II.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasi. Instrumen
data diperoleh melalui angket, observasi, wawancara dan dokumentasi serta
analisis datanya menggunakan statistic korelasi product moment yang tujuannya
untuk mengetahui korelasi antara variabel X dengan variabel Y.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, tidak ada pengaruh
implementasi pembelajaran tematik terhadap minat belajar siswa di SDN
Pademawu Timur II. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis dengan teknik product
moment bahwa nilai “r” kerja (0,19) lebih kecil dari “r” tabel baik pada taraf
signifikan 5% (0,374) maupun taraf signifikan 1 % (0,478), berdasarkan
ketentuan, jika “r” kerja lebih kecil dari “r” tabel, maka tidak ada korelasi
signifikan antara pembelajaran tematik terhadap minat belajar siswa. Kedua, besar
pengaruh implementasi pembelajaran tematik terhadap minat belajar siswa di
SDN Pademawu Timur II adalah sangat rendah. Hal ini berdasarkan hasil
interpretasi “r” kerja (0,19) dengan interpretasi nilai “r” berada pada interval
0,000 s/d 0,200 dengan interpretasi sangat rendah.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (RUANG SKRIPSI) 152020053 Nik P
152020053
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
152020053 Nik P
Penerbit
Pamekasan : IAIN MADURA PRESS., 2020
Deskripsi Fisik
xii+71 hlm., 21x29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Skripsi PGMI 2020
Info Detail Spesifik
053
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN IAIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?