Text
UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VDI SDN PADEMAWU BARAT I, KECAMATAN PADEMAWU KABUPATEN PAMEKASAN
ABSTRAK
Hosnol Karimah, 2020,Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui
Model Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
Kelas V Di SDN Pademawu Barat 1, Skripsi, Pendidikan Guru Madrasah
Ibtidaiyah, FakultasTarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN)
Madura, DosenPembimbing:Dr. Hj. Waqiatul Masrurah, M.Si.
Kata Kunci: Motivasi Belajar, Model Interaktif
Penelitian ini dilatar belakangi oleh keresahan bahwa selama ini,
pembelajaran Bahasa Indonesia di jenjang SD salah satu pembelajaran yang
mudah tapi, peserta didik masih sulit untuk memahaminya hal ini dikarenakan
guru hanya menggunakan metode ceramah saja, dan juga kurangnya keterampilan
guru dalam penggunaan model pembelajaran, Sehingga mengakibatkan motivasi
belajar peserta didik rendah. Untuk menindak lanjuti permasalahan pada
pembelajaran Bahasa Indonesia perlu adanya suatu tindakan, salah satu alternatif
yang bisa digunakan adalah dengan penggunaan model pembelajaran interaktif.
Penelitian ini dilakukan di SDN Pademawu Barat 1, metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang
terdiri dari dua siklus, setiap siklus memiliki 4 tahap yaitu: perencanaan,
observasi, wawancara dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui observasi,
wawancara, tes dan non tes serta dokumentasi. Teknik analisis data berupa data
kualitatif, alat pengumpulan data yang digunakan berupa lembar observasi dan
soal tes formatif.
Hasil belajar siswa mengalami peningkatan setelah diterapkan model
pembelajaran Interaktif. Persentase ketuntasan siswa pada prasiklus adalah
40,90% sedangkan persentase ketuntasan siswa pada siklus I sebesar 50%
meningkat lagi ketuntasan siswa pada siklus II sebesar 86,63%. Peningkatan
ketuntasan belajar siswa juga diikuti dengan peningkatan rata-rata siswa yaitu
pada pra-siklus sebesar 66,77 meningkat 67 dan meningkat lagi pada siklus II
sebesar 75,81. peningkatan sebesar 77,27% dengan nilai rata-rata 74,27 dan
termasuk kriteria baik. Dengan demikian penggunaan model pembelajaran
Interaktif dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa
Indonesia.
Tidak tersedia versi lain